Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Tracer Study dan Pembekalan Calon Alumni Penting untuk Pengembangan Kualitas PT PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Sunday, 28 August 2016

ImageKualitas sebuah perguruan tinggi dapat dinilai dari berbagai macam indikator, dan salah satu indikator yang paling mudah dirasakan adalah kualitas pada ‘produk akhirnya’, yaitu lulusan yang dihasilkan. Dalam konteks ini, Universitas Islam Indonesia (UII) tentu memiliki kepentingan untuk mengukur kualitas lulusannya, karena keberhasilan para alumni UII di dalam kehidupan bermasyarakat sangat mempengaruhi reputasi UII di mata masyarakat dan dunia industri.

Perbaikan kualitas pendidikan tinggi secara berkelanjutan merupakan hal yang harus terus dilaksanakan guna menghadapi perubahan dan tantangan yang ada, sekaligus menjamin kualitas lulusan yang dihasilkan. Di saat yang bersamaan, hal tersebut dilakukan guna mewujudkan prinsip pendidikan nasional, yakni memiliki jaminan lulusan untuk melanjutkan dan keselarasan dengan dunia kerja. Untuk itu, UII membutuhkan masukan (feedback) dalam melakukan perbaikan yang berkelanjutan tersebut melalui kegiatan Tracer Study.

Demikian seperti disampaikan oleh Wakil Rektor III Dr. Abdul Jamil, SH., MH., ketika membuka kegiatan Workshop Tracer Study & Pembekalan Calon Alumni di Ruang Audiovisual lantai 2 Perpustakaan Pusat Gedung Moh Hatta UII, Senin (29/08). Workshop yang diselenggarakan oleh Direktorat Pemasaran, Kerjasama dan Alumni (DPKA) UII tersebut menghadirkan pembicara Dr. Bambang Setiabudi, ST., MT. selaku Presiden Indonesia Career Center Network (ICCN). Hadir pula dalam kesempatan itu Direktur DPKA UII Hangga Fathana, SIP., B.Int.St., MA., Kepala Alumni Career Center (ACC) DPKA UII Baziedy Aditya Darmawan, SE., MM., serta dosen-dosen dari berbagai program studi di UII.

Dalam penyampaian materinya, Bambang Setiabudi  menjelaskan bahwa tracer study sebaiknya tidak hanya dilaksanakan untuk kepentingan akreditasi saja, tetapi juga harus berkelanjutan untuk kepentingan pengembangan dan perbaikan kualitas pendidikan tinggi di UII.

“Hal tersebut membutuhkan dukungan dan sinergi dari berbagai pihak, antara lain Program Studi sebagai pemilik lulusan, ACC sebagai inisiator tracer study, dan Universitas sebagai pembuat kebijakan,” ungkapnya.

Selanjutnya Ia menambahkan bahwa pembekalan persiapan karir bagi para mahasiswa sebelum lulus perlu dilaksanakan secara bersama-sama oleh Prodi dan ACC dengan porsi dan sasaran yang berbeda. Program Studi perlu membekali dengan kompetensi-kompetensi yang spesifik yang dibutuhkan alumni, sedangkan ACC dapat membekali dengan kompetensi-kompetensi yang bersifat teknis guna menbantu mereka dalam meraih karir saat lulus nantinya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map