Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
UII Motivasi Generasi Muda Gorontalo Dengan Lomba dan Workshop Penulisan Esai PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Wednesday, 31 August 2016

ImageSebagai salah satu wujud tanggung jawab dalam mencetak generasi penerus bangsa di masa depan yang berkualitas, Universitas Islam Indonesia (UII) menyelenggarakan kegiatan lomba dan workshop penulisan esai di media massa untuk tingkat SMA/Sederajat Se-Provinsi Gorontalo. Pada penyelenggaraan kegiatan ini UII menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo dan Gorontalo Post sebagai media partner.

Penjurian sepuluh finalis lomba dan pelaksanaan workshop penulisan esai digelar di Magna Hotel, Gorontalo, Rabu (31/8).  Pemimpin redaksi Gorontalo Post, Hasanuddin Jadin hadir sebagai pembicara workshop sekaligus juri lomba bersama Kepala Badan Perencana UII, Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo, M.Si. dan Redaktur Jawa Pos, Abdul Rokhim. Jalannya kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo, Drs. Amran Pahrun, M.Si.

Ketua panitia lomba dan workshop penulisan esai, Prof. Hari Purnomo, menyampaikan, penulisan opini dalam bentuk esai di media massa mempunyai peran penting dalam berkomunikasi dengan publik mengenai sebuah ide, gagasan, opini, dan juga pendapat. Menurutnya, kemampuan menyalurkan opini serta mengartikulasikan pemikiran sangat perlu untuk dipupuk sejak dini di ranah akademik, salah satunya di kalangan siswa-siswi SMA.

“Maksud penyelenggaraan ini agar ide-ide yang muncul dikalangan intelektual muda dapat lebih tergali dan dapat pula menjadi ruang bagi generasi muda untuk berkontribusi di masyarakat melalui publikasi tulisan,” paparya.

Disampaikan Prof. Hari Purnomo, generasi muda di Gorontalo mempunyai potensi yang sangat baik. Menurutnya tinggal bagaimana mengoptimalkannya dan mau bekerja keras sejak dini. “Salah satunya seperti melalui kesertaan mahasiswa pada kegiatan lomba dan workshop penulisan esai untuk siswa SMA/sederajat di wilayah Gorontalo ini,” tuturnya.  

Prof. Hari Purnomo menambahkan, semangat ini kami yakini juga diterapkan oleh tokoh-tokoh nasional dari Gorontalo, seperti Menteri Kelautan dan Perikanan RI Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, Fadel Muhammad, Menteri Perumahan Rakyat RI Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, Suharso Monoarfa serta Menteri Perdagangan RI Kabinet Kerja, Rahmat Gobel.

Sambutan positif juga disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo, Amran Pahrun, M.Si. Menurutnya Salah satu metode yang jitu guna merangsang dan memotivasi kreativitas para siswa adalah melalui lomba penulisan esai. Ia menuturkan, melalui kegiatan ini siswa SMA dapat memacu potensinya menjadi generasi muda yang kompetitif dan berperilaku unggul, baik unggul dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.

Di hadapan finalis lomba dan ratusan peserta workshop penulisan esai, Amran Pahrun, M.Si. berharap melalui kegiatan yang diinisiasi oleh UII ini dapat menambah motivasi dan keinginan yang kuat para siswa untuk menjadi penulis-penulis muda yang akan membawa manfaat bukan saja untuk diri sendiri, namun lebih dari itu dapat memberikan manfaat bagi daerah Gorontalo.

Di akhir acara pelaksananaan lomba dan workshop penulisan esai, para juri menetapkan para pemenang lomba. Dari hasil penilaian yang dilakukan diputuskan juara pertama diraih Alifiya Kasih Widjayanti Antogia (MAN Insan Cendekia Gorontalo), Juara dua diraih Marhaban Istiqoma Ode (MAN Insan Cendekia Gorontalo) dan jura tiga diraih Meliza Fransiska Latif (SMK Kesehatan Bakti Nusantara Gorontalo). Penyelenggaraan kegiatan ini juga menuai repon positif dari Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Provinsi Gorontalo, Dr. Weni Lipoto, MM. Secara khusus Dr. Weni Lipoto mengundang rombongan dari UII dan mendiskusikan beberapa peluang kerjasama yang dapat dijalin kedepannya.

Image 




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map