Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
KKN UII di Desa Sidorejo, Purworejo Mendapat Apresiasi Positif Masyarakat PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Thursday, 01 September 2016

ImagePenyelenggaraan kuliah kerja nyata (KKN) UII di berbagai wilayah yang ada di DIY dan Jawa Tengah ternyata meninggalkan kesan-kesan positif yang dialami oleh masyarakat. Salah satunya seperti penyelenggaraan KKN UII di Desa Sidorejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah yang selama sebulan terakhir menjadi tempat bagi 32 mahasiswa UII melaksanakan program KKN. Dalam kurun waktu tersebut, para mahasiswa UII bahu membahu melaksanakan berbagai program sosial kemasyarakatan bersama warga desa.

Hal ini sebagaimana tergambar dalam acara Rapat Koordinasi Desa (Rakordes) yang berlangsung di Balai Desa Sidorejo, Rabu (31/8). Rakordes menjadi sarana sharing dan evaluasi pelaksanaan program KKN yang selama ini dijalankan di desa. Acara tersebut diikuti oleh para perangkat desa setempat bersama dengan mahasiswa KKN UII. Turut hadir dalam acara ini Wakil Rektor II UII, Dr. Nur Feriyanto, M.Si dan Kepala Pusat KKN UII, Dr. Unggul Priyadi, M.Si.

Supri Yulianto, selaku Kepala Desa Sidorejo mengakui pihaknya merasa terbantu dengan keberadaan mahasiswa UII yang melaksanakan program-program selama sebulan di desanya. Di antara program yang menurutnya sangat bermanfaat yakni pelatihan penguatan kapasitas bagi perangkat desa. Dalam pelatihan itu, perangkat desa diajak mengikuti sesi training tentang tata cara pembuatan peraturan desa yang dibimbing oleh dosen FH UII.

Beberapa program lain yang juga dirasakan manfaatnya, antara lain pembuatan master plan desa, program UII mengajar dan bimbingan belajar bagi anak-anak, program peningkatan pengelolaan arsip desa, pelatihan home industry bagi pelaku usaha setempat, dan pembuatan buku potensi ekonomi desa.

Sementara itu, Wakil Rektor II UII, Dr. Nur Feriyanto, M.Si berpesan kepada para mahasiswa UII agar ketika menjelang berakhirnya program mereka tidak meninggalkan hutang kepada masyarakat. Wakil Rektor II juga banyak berdiskusi baik dengan para mahasiswa maupun perangkat desa tentang masalah dan tantangan yang dihadapi selama menjalankan program KKN.

“Saya pesankan agar program-program KKN yang belum selesai untuk segera dituntaskan. Tinggalkanlah kesan yang baik kepada masyarakat untuk keberlanjutan program KKN UII berikutnya”, pesannya.

Salah seorang mahasiswa UII, Luciana Sari Maulida menceritakan tentang program training peningkatan kapasitas bagi perangkat desa yang dijalankan bersama teman-temannya. Program tersebut terinspirasi dari masalah yang sering ditemui di desa di mana untuk menyelesaikannya belum ada perangkat hukum lokal yang jelas.

Sedangkan untuk membuat peraturan desa diperlukan kemampuan dan pengetahuan dasar tentang legal drafting. “Untuk itu kami sengaja mengadakan pelatihan yang harapannya dapat memberi pengetahuan bagaimana menyusun peraturan desa yang baik dan benar”, ujar mahasiswi FH UII angkatan 2013 itu.

Image 




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map