Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
FMIPA UII Terima Kunjungan Studi Banding Departemen Kimia IPB PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Saturday, 03 September 2016

ImageKegiatan berbagi pengalaman dalam menyelenggarakan best practice pendidikan terus dilaksanakan oleh UII. Salah satunya seperti dilakukan oleh FMIPA UII yang menerima kunjungan studi banding dari Departemen Kimia Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Jum'at (2/9) di Gedung Zanzawi Soejoeti. Rombongan IPB sebanyak 31 orang yang dipimpin oleh Sekretaris Departemen Kimia IPB diterima oleh Dekan FMIPA UII, Drs. Allwar, M.Sc. Ph.D bersama Ketua Program Studi Kimia UII, Dr. Is Fatimah, M.Si.

Acara dimulai dengan sambutan dari Dekan FMIPA UII yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Dr Deden Saprudin, M.Si selaku pimpinan rombongan Kimia IPB. Dalam studi banding ini, kedua belah pihak berkesempatan saling berbagi dan belajar mengenai beberapa hal. Di antaranya seperti proses penerimaan mahasiswa baru, seputar bidang akademik, perkuliahan, penerapan kebijakan kampus seperti larangan merokok, struktur organisasi dan birokrasi, serta penjelasan terkait sarana prasarana kuliah dan laboratorium di FMIPA umumnya dan Prodi Kimia khususnya.

Dalam pembahasan mengenai sistem perkuliahan di kelas, Drs. Allwar, Ph.D menjelaskan bahwa saat ini seluruh kelas di ruangan FMIPA UII sudah dilengkapi dengan finger-print dan data dapat diakses online oleh orang tua mahasiswa. "Para orang tua wali dapat langsung memantau perkembangan kuliah dari anaknya dengan sistem ini", katanya.

Kemudian Dr. Is Fatimah pada kesempatan ini menjelaskan bahwa saat ini Prodi Kimia sedang menuju standar akreditasi internasional. Ia juga menyampaikan bahwa Lab di FMIPA UII terbagi menjadi 3 kategori Lab, yaitu: Laboratorium Penelitian, Laboratorium Akademik dan Centre of Essential Oil Studies (CEOS) UII.

"Di prodi kami, rencana studi serta jadwal praktek lapangan dilakukan lebih awal dibandingkan program studi Kimia pada umumnya. Hal ini untuk mempercepat proses kelulusan dan juga menjaga agar kualitas lulusan semakin baik", ungkap Is Fatimah.

Sementara itu, Dr. Deden Saprudin memaparkan tentang perkuliahan dan laboratorium Kimia IPB. Senada, ia mengatakan bahwa sistem perkuliahan yang ada di Departemen Kimia IPB belum sampai pada proses orang tua dapat mengecek secara online terkait absensi anaknya. Kemudia dijelaskan bahwa Laboratorium Kimia IPB terdiri dari Laboratorium Organik, Anorganik, dan jenis laboratoium lainnya sesuai pembagian bidang pada ilmu Kimia.

Usai berdiskusi, acara diakhiri dengan pertukaran cindera mata dari keduabelah pihak. Kemudian rombongan dari IPB diajak untuk melihat laboratorium-laboratorium yang ada di FMIPA UII, khususnya yang ada di Prodi Kimia FMIPA UII.

Image 




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map