Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
UII Kembali Peroleh Pengakuan Dari Lembaga Standarisasi PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Wednesday, 07 September 2016

ImageUniversitas Islam Indonesia (UII) kembali memperoleh pengakuan dan kepercayaan dari lembaga standarisasi nasional. Kepercayaan kali ini diterima UII dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk Laboratorium Pengujian Tekstil dan Produk Tekstil. Bersamaan, UII juga memperoleh kepercayaan dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Secara simbolis dua sertifikat diserah terimakan pada Rabu (7/9), di Auditorium Kahar Mudzakkir Kampus Terpadu UII oleh Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Prof. Dr. Ir. Bambang Prasetya, M.Sc dan Ketua Komisi Perencanaan dan Harmonisasi Kelembagaan BNSP, Ir. Surono, M.Phil. kepada Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc. Dalam kesempatan ini, kedua pimpinan lembaga standarisasi ini juga menjadi pemateri seminar bersama dengan Ketua Forum Pendidikan Standarisasi Nasional (FORSTAN), Dr. Ir. Bambang Purwanggono, M.Eng.

Disampaikan Dr. Harsoyo, hadirnya globalisasi telah menciptakan berbagai tantangan dan peluang di berbagai sektor. Hal ini menjadi penting untuk dapat direspon dengan baik oleh setiap elemen bangsa, tak terkecuali di ranah perguruan tinggi. Dr. Harsoyo menuturkan, sampai saat ini berbagai upaya telah dilakukan UII sebagai salah satu perguruan tinggi yang memiliki komitmen sebagai basis riset, pengembangan teknologi serta menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Dalam hal pengelolaan laboratorium, UII senantiasa mendorong laboratorium-laboratorium di lingkungannya untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan penjaminan mutu. Baik melalui audit mutu internal maupun akreditasi oleh lembaga eksternal. “Alhamdulillah, pada tahun 2016 ini, Laboratorium Pengujian Tekstil dan Produk Tekstil UII memperoleh sertifikat 17025 dengan nomer LP-991-IDN sebagai laboratorium pengujian dari KAN. Laboratorium ini juga menjadi satu-satunya laboratorium pengujian tekstil yang ada di Perguruan Tinggi di Indonesia.

Sampai saat ini sebagaimana disampaikan Dr. Harsoyo, UII telah memiliki empat laboratorium yang telah terakreditasi oleh KAN. Selain Laboratorium Pengujian Tekstil dan Produk Tekstil, laboratorium lainnya yakni Laboratorium Terpadu, Laboratorium Pengujian Obat dan Makanan serta Laboratorium Kualitas Lingkungan.

Sementara dalam hal menyiapkan SDM yang siap berkompetisi di era global, sebagaiman disampaikan Dr. Harsoyo, UII mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Saat ini lembaga ini juga telah memperoleh Sertikat Lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). “Dengan lisensi yang diperoleh memberikan kewenangan bagi LSP UII untuk melakukan uji kompetensi dan mengeluarkan sertifikat kompetensi bagi seluruh mahasiswa UII pada ruang lingkup skema yang telah diajukan,” paparnya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map