Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Dengan Ticofiel, Pekerjaan Mengelas Jadi Lebih Aman dan Nyaman PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Friday, 09 September 2016

ImageMenyambungkan besi atau logam dengan mesin las merupakan pekerjaan penting yang dapat dijumpai di berbagai macam industri. Tanpa disadari, para pekerja las setiap harinya terpapar oleh sinar ultraviolet (UV) dan partikel gas yang dihasilkan dari proses mengelas. Bila terakumulasi terus menerus, hal itu dapat menyebabkan kerusakan mata dan gangguan pernapasan. Sayangnya hal itu kurang disadari oleh kebanyakan para pekerja di bidang las. Tidak sedikit para pekerja yang menggunakan alat pengaman diri seadanya yang kurang memenuhi standar keselamatan diri.

Hal inilah yang rupanya memantik kepedulian sekelompok mahasiswa UII. Mereka terpantik untuk mendesain dan menciptakan alat pengaman diri yang mampu membuat para pekerja las dapat bekerja dengan nyaman dan aman. Tidak hanya itu, alat tersebut juga didesain dengan menggunakan konsep low cost technology sehingga relatif murah dan mudah diperbaiki apabila terjadi kerusakan. Alat inilah juga yang menghantarkan mereka meraih medali perak dalam ajang PIMNAS ke-29 di IPB Bogor.

Adalah Riadho Clara Shinta, Rizqi Ramadhani, Ahmad Rizal Yassaruddin, dan Muhammad Iqbal Sabit yang berada di balik ide pembuatan alat tersebut. Sekilas alat yang mereka ciptakan mirip dengan topeng yang biasa dipakai oleh tokoh super hero film. Namun di balik itu, terdapat berbagai fitur inovatif yang sengaja disematkan untuk menunjang kegunaan alat. Untuk dapat menciptakan alat yang tepat, mereka rela melakukan survei ke setidaknya 30 industri pengelasan yang ada di wilayah Sleman. Di sana mereka menjaring masukan dan keinginan para pengelas tentang alat yang mereka butuhkan.

Disampaikan oleh Riadho Clara Shinta, topeng pengaman diri yang diciptakannya terbuat dari bahan resin fiber yang ringan, ergonomis, dan tahan percikan api las. “Di samping itu, terdapat tiga fitur pelindung diri yang melindungi indra pengelas, seperti indra penglihatan, pendengaran, dan pernapasan”, ujarnya. Selama pembuatan alat tersebut mereka mendapat bimbingan dari dosen UII, Muhammad Ridwan Andi Purnomo, S.T., M.Sc., Ph.D.

Kaya Berbagai Fitur

Untuk indra penglihatan, ia menyematkan fitur lensa automatic polarizing filter yang dapat mengurangi efek pancaran sinar UV yang setiap saat dirasakan oleh mata pengelas. “Lensa ini dapat menyetel secara otomatis keterangan dan keredupan cahaya yang masuk ke dalam mata berdasarkan sensor cahaya. Jadi ketika mengelas lensa akan meredup dan ketika tidak, maka lensa akan menjadi terang”, ungkapnya lagi.

Fitur ini sangat membantu para pengelas tidak hanya dari sisi keamanan namun juga mempermudah pekerjaan mereka. Di mana ketika mengelas mereka tidak perlu melepas dan memakai alat tersebut untuk melihat titik pengelasan.

“Selama ini kacamata las yang ada cenderung tidak praktis karena pengelas harus membuka kaca untuk melihat titik pengelasan dan memakainya kembali ketika mengelas. Ini cukup merepotkan sehingga membuat pengelas enggan memakainya”, tambah rekan setimnya, Rizqi Ramadhani. Sedangkan, ada teknologi kacamata las yang lebih canggih namun harganya relatif mahal dan sulit diperbaiki jika terjadi kerusakan.

Fitur lain yang juga disematkan dalam Ticofiel adalah masker hidung terintegrasi yang berfungsi melindungi indra pernapasan dari partikel gas yang dapat terhirup ketika mengelas. “Ketika mengelas terjadi proses pelepasan partikel gas, seperti argon yang jika dihirup terus menerus dapat mengganggu pernapasan”, katanya. Yang tidak kalah penting adalah fitur peredam suara yang juga dipasangkan di dalam Ticofiel untuk meredam kebisingan.

Menurut Rizqi Ramadhani, untuk membuat satu unit Ticofiel dibutuhkan biaya sekitar 350 ribu rupiah. Ia berharap alat ini juga dapat menjadi bahan edukasi tentang pentingnya aspek keselamatan kerja bagi para pengelas.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map