Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Mahidol University Tawarkan Program Master dan Doktor ke UII PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Friday, 16 September 2016

ImageMeningkatnya mobilitas mahasiswa di kawasan regional Asia Tenggara nampaknya dilirik sebagai peluang menjanjikan bagi perguruan tinggi. Kerjasama antar perguruan tinggi di kawasan ASEAN semakin menjadi tren yang terus berkembang. Terlebih negara ASEAN telah sepakat untuk memberlakukan kawasan Masyarakat Ekonomi ASEAN yang salah satunya juga menyangkut aspek globalisasi pendidikan. Peluang inilah yang coba digali oleh Mahidol University, Thailand melalui kunjungan penjajakan kerjasama ke UII yang berlangsung di Gedung Prabuningrat UII, Jum’at (16/9).

Kunjungan tersebut dihadiri oleh delegasi Mahidol University yang secara khusus mengelola program post graduates di universitas tersebut. Prof. Dr. Patcharee Lertrit, M.D selaku pimpinan delegasi Mahidol University, secara khusus mengungkapkan antusiasmenya untuk membangun kerjasama dengan UII dalam bingkai program master dan doktor yang dapat dimanfaatkan oleh UII.

Menurutnya, peluang itu sangat terbuka lebar karena selaku Dekan Faculty of Graduate Studies, ia mengharapkan banyak mahasiswa ASEAN yang dapat menimba ilmu di universitasnya. Dalam presentasinya, ia juga memaparkan data bahwa mahasiswa asal Indonesia menempati urutan ke-3 sebagai mahasiswa ASEAN terbanyak yang berkuliah di Mahidol University. Jumlah tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun.

Sementara delegasi lain, Asst. Prof. Dr. Thatchavee Leelawat memaparkan kemudahan akses bagi mahasiswa ASEAN, khususnya yang ingin mengambil program doktor. Ia menawarkan bahwa mahasiswa dapat mengambil skema perkuliahan selama setahun di kampusnya. Selanjutnya mereka dapat kembali ke negaranya untuk melakukan riset doktoral dan bimbingan desertasi akan dilakukan dengan metode jarak jauh. Ini sangat menguntungkan bagi institusi pendidikan karena para dosen dapat tetap mengajar sembari melakukan riset di kampus asalnya masing-masing.

Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc menanggapi peluang itu dengan menghadirkan para pimpinan program master yang ada di lingkungan UII. Ia berharap agar inisiatif kerjasama dengan Mahidol University dapat ditumbuhkan di level pengelola program sehingga bentuk kerjasama yang nantinya dibahas dapat langsung mengarah pada kebutuhan pengelola master program di UII.   

Ketua Program Pascasarjana Ilmu Hukum UII, Drs. Agus Triyanta, Ph.D tertarik untuk menjajaki program master dan doktoral ilmu hukum yang juga ditawarkan oleh Mahidol University. “Saya melihat konsentrasi hukum pidana, kriminologi, dan hukum kesehatan cukup menjadi keunggulan di sana sehingga ini memiliki peluang untuk dikerjasamakan dengan Pascasarjana Ilmu Hukum UII”, ungkapnya.

Direktur Pemasaran, Kerjasama, dan Alumni UII, Hangga Fathana, MA berharap pertemuan ini dapat ditindaklanjuti sampai ke taraf kerjasama formal dalam bentuk MoU atau MoA. Dengan demikian, ketika ada dosen UII yang tertarik belajar di Mahidol University akan lebih mudah dalam mencari dana beasiswa karena telah terdapat kerjasama formal di antara kedua institusi.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map