Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Ciptakan Metode Komunikasi Guru – Orangtua Murid Agar Dorong Partisipasi Belajar Siswa PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Monday, 19 September 2016

Image
lampung.tribunnews.com
Seringnya anak menjadi lupa mengerjakan tugas sekolah atau kehilangan konsentrasi ketika belajar ternyata merupakan pertanda awal merosotnya partisipasi belajar siswa. Hal ini dapat disebabkan oleh semakin beragamnya perangkat permainan seperti gadget yang mudah mengalihkan perhatian anak-anak. Namun di balik itu ternyata komunikasi orangtua dan guru lebih memainkan peranan dalam menaikkan atau menurunkan partisipasi belajar siswa. Sebagaimana terungkap dalam penelitian yang dilakukan sekelompok mahasiswa UII tentang peran komunikasi guru dan orangtua terhadap perkembangan belajar anak. Lewat penelitian itu, mereka juga mengembangkan metode komunikasi yang efektif guna mendorong partisipasi belajar anak.

Seperti disampaikan oleh mahasiswa Psikologi UII, Mirza Muchammad Iqbal yang mencetuskan penelitian ini. Menurut penelitiannya, terdapat hubungan kuat antara besar kecilnya minat anak untuk belajar dengan besar kecilnya perhatian orangtua akan perkembangan studi anaknya. “Di zaman sekarang, orangtua yang semakin sibuk mencari materi hingga tidak sempat sekedar menanyakan bagaimana perkembangan sekolah anaknya, apa ada PR, atau besok ada ujian”, jelasnya. Penelitian itu dilakukan di sebuah SD di Sleman.

Anak yang kurang mendapat perhatian dari orangtuanya cenderung menurun partisipasi belajarnya. Kondisi tersebut menurutnya jamak ditemui di kawasan perkotaan dengan instensitas kesibukan orangtua yang tinggi. Untuk itu, M. Iqbal berusaha mengembangkan metode komunikasi guru dan orangtua yang dapat menjawab permasalahan itu.

“Kami ingin melibatkan peran guru atau wali kelas sebagai jembatan yang selalu menginformasikan kepada orangtua tentang perkembangan belajar anaknya di sekolah. Caranya dengan memanfaatkan teknologi komunikasi pesan instan yang memungkinkan komunikasi dua arah antara guru dan orangtua murid”, tambahnya. Dalam membangun komunikasi itu ia dibantu oleh keempat rekannya, Dinu Hafidh Muvariz, Akmal Maulana Luthfi Ridlo Sanggusti, Syafira Putri Ekayani, dan Nyda Afsari.

Dalam sistem tersebut, setiap hari, guru akan menyebarkan pesan kepada orangtua murid melalui pesan instan tentang pr atau tugas yang harus dikerjakan putra/putrinya esok hari. Guru juga akan mengabarkan kepada orangtua jika ada masalah misal siswa yang kurang konsentrasi dalam belajar. Sebaliknya, orangtua juga dapat bertanya kepada guru tentang anak mereka di sekolah. Komunikasi ini juga difasilitasi oleh M. Iqbal dan teman-temanya sehingga guru tidak merasa kerepotan.

Setelah berjalan selama dua minggu, M. Iqbal dan rekan-rekannya melakukan observasi melalui kamera cctv yang dipasang di kelas tentang polah tingkah para siswa. Setelah dibandingkan dengan observasi sebelumnya, ternyata ada peningkatan signifikan tentang keaktifan siswa di kelas.

“Anak-anak yang dulu sering ramai atau tidak memperhatikan guru, sekarang sudah mulai tenang dan aktif mengikuti pelajaran. Jumlahnya tidak hanya satu dua tapi cukup signifikan”, kata M. Iqbal. Selain itu, guru atau wali kelas juga mengakui bahwa frekuensi anak-anak yang lupa mengerjakan pr juga berkurang.

Dari hal itu, ia menarik kesimpulan bahwa orangtua hendaknya selalu memperhatikan perkembangan belajar anak-anaknya sehingga mereka juga terdorong untuk rajin dan giat dalam belajar. Penelitian M. Iqbal sempat dipresentasikan dalam ajang PIMNAS ke-29 di IPB Bogor dan meraih medali perunggu dari dewan juri.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map