Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Kerjasama Universitas dan Industri Tekstil Diharapkan Tingkatkan Daya Saing PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Thursday, 22 September 2016

Image
jogpaper.com
Semakin terbukanya keran impor atas produk tekstil menyebabkan pasar domestik dibanjiri oleh barang dari luar negeri. Salah satunya yakni membanjirnya produk tekstil dari Tiongkok yang diklaim lebih murah dibanding produk lokal. Konsumen pun semakin dimanjakan dengan beragam pilihan. Kondisi ini mengancam keberadaan pabrik tekstil dalam negeri hasil produksinya yang tidak mampu bersaing di pasaran, khususnya dari segi harga produk. Oleh karena itu diperlukan dukungan untuk meningkatkan daya saing produk tekstil nasional agar mampu bersaing dengan produk impor.

Sebagaimana tergambar pada acara kuliah perdana Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) Yogyakarta, Rabu (21/9/2016). Dalam kesempatan tersebut juga ditandatangani memorandum of understanding (MoU) antara FTI UII dan PT Batamtex sebagai tempat praktek lapangan bagi mahasiswa FTI UII. Pendatanganan dilakukan Dekan FTI UII, Dr Imam Djati Widodo MEngSc dan Edward Baharuddin, Direktur Utama PT Batam Textile Industry (Batamtex) yang disaksikan Ketua Program Studi Teknik Kimia Ir Drs Faisal RM MT PhD.

Ketua Program Studi Teknik Kimia, FTI UII, Ir Drs Faisal RM MT PhD mengatakan kerjasama Prodi Teknik Kimia dan PT Batamtex bertujuan untuk menyelenggarakan kegiatan bidang penelitian, pemagangan, kerja praktik mahasiswa, pengembangan dan pelatihan teknologi dalam bidang industri.

Lebih lanjut Faisal mengatakan berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) Nomor 16 Tahun 2014, pembelajaran dapat berbentuk kuliah. Selain itu, berbentuk responsi, tutorial, seminar, praktikum, praktik lapangan, penyusunan desertasi, skripsi, tesis dan desertasi.

“Kebijaksanaan tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan dan kebutuhan tenaga kerja. Hal itu, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari kebijakan link and match yang berlaku pada semua jenis dan jenjang pendidikan,” kata Faisal.

Kerjasama Prodi Teknik Kimia dan PT Batamtex merupakan salah satu implementasi dari program praktek industri (PPI). Program ini adalah salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara sistematik dan komprehensif, kerja pendidikan di kampus dan program penyelenggaraan keahlian/profesional yang diperoleh melalui bekerja langsung di dunia kerja.

Sementara Edward Baharuddin selaku Direktur Utama Batamtex menjelaskan tingginya harga tekstil hasil pabrik dalam negeri karena menggunakan bahan baku kapas impor. “Karena kapas impor, fluktuasi harga bahan baku sangat tergantung pada tinggi rendahnya kurs dolar Amerika. Ada kenaikan beberapa sen dolar sudah berpengaruh besar terhadap harga tekstil,” kata Edward.

Untuk mengurangi ketergantungan kapas impor, Edward mengharapkan ada campur tangan pemerintah agar bisa menyediakan bahan baku kapas dalam negeri. Sebab jika tidak berproduksi akan berakibat pabrik tekstil yang digunakan sebagai tempat praktek mahasiswa akan semakin langka.

PT Batamtex, kata Edward, merupakan pabrik tekstil terintegrasi vertikal yang didirikan pada tahun 1971. “Kami telah memproduksi dan memasok produk tekstil untuk industri pakaian dan keperluan home furnishing sejak awal berdiri. Hingga hari ini, kami terus memproduksi kain denim berkualitas tinggi dan kain celup yang dipasarkan ke seluruh dunia,” kata Edward.

Diolah dari jogpaper.com




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map