Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Keragaman Budaya Indonesia dan Islam Tarik Minat Mahasiswa Asing Kunjungi UII PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Monday, 26 September 2016

ImageKeragaman budaya Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam suku bangsa rupanya menjadi daya tarik bagi mahasiswa asing untuk berkunjung dan belajar. Terlebih meilhat keunikan masyarakat Indonesia yang dapat menyelaraskan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini rupanya menjadi bahan kajian menarik yang selalu memantik rasa ingin tahu para mahasiswa asing tersebut. Tradisi Islam Indonesia yang mampu berjalan selaras dengan keragaman budaya lokal inilah yang menjadi topik kajian dalam program “Islam and Hybrid Culture in Indonesia”. Program tersebut diikuti oleh setidaknya 13 mahasiswa asing dari berbagai negara, seperti Tiongkok, Vietnam, Kamboja, Filiphina, dan Tunisia.

Para peserta program sengaja tinggal beberapa waktu di Jogja serta berkunjung ke kampus UII guna mempelajari Islam dan budaya Indonesia lebih dekat melalui program itu. Hal ini sebagaimana nampak dalam penyambutan mereka secara resmi di Gedung Prof. Dr. Sardjito, kampus terpadu UII pada Senin (26/9).

Selama beberapa hari mereka akan mengikuti kuliah tematik di kelas yang mengetengahkan aspek-aspek unik dari masyarakat Muslim di Indonesia, mulai dari aspek budaya, ekonomi, sosial, dan politik. Pemahaman itu disampaikan oleh para dosen senior UII dan para pakar di bidangnya. Tidak hanya itu, mereka juga diajak untuk berkunjung ke kantor organisasi Muhammadiyah dan Pondok Pesantren Al Munawwir Krapayak.

Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc menyambut baik kedatangan para mahasiswa asing untuk belajar Islam dan budaya Indonesia di UII. Menurutnya, di era keterbukaan seperti sekarang, sangat penting untuk meningkatkan pemahaman lintas budaya dan komunitas. Apalagi para peserta masih berusia muda sehingga nantinya diharapkan dapat membangun jembatan persahabatan dengan para mahasiswa UII yang juga terlibat dalam program itu.

Sementara itu, Direktur Internasional Program UII, Ir. Wiryono Raharjo, M.Arch., Ph.D mengatakan program ini mendapat dukungan penuh dari Kemenristekdikti. Dalam pelaksanaan program, UII bekerjasama dengan Universitas Diponegoro, Semarang dan beberapa universitas mitra.

“Para peserta program memang dipilih dari universitas-universitas asing yang tengah menjalin kerjasama dengan UII sehingga bisa dilihat sebagian besar merupakan mahasiswa dari Asia Tenggara dan sebagian lagi dari Tiongkok serta Tunisia”, katanya. UII sendiri saat ini tengah gencar membangun jaringan dengan berbagai universitas di kawasan ASEAN dalam rangka memanfaatkan peluang MEA, salah satunya yakni melalui peningkatan mobilitas mahasiswa.

Image 

 




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map