Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Dik Doank Berikan Motivasi Di ‘Kelas Teladan’ Penerima Beasiswa UII PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Friday, 23 September 2016

ImageSalah satu bentuk kepedulian Universitas Islam Indonesia (UII) kepada para mahasiswa adalah memberikan dan menyalurkan ragam beasiswa, baik dari internal maupun eksternal kampus. Setelah mendapatkan beasiswa,  maka para penerima beasiswa di UII memiliki kewajiban yang harus dilaksanakan, seperti dapat mengukir prestasi internal dan eksternal kampus, mengikuti PKM, mempertahankan IPK di atas standar, mengikuti acara dan pelatihan, dan yang lainnya. Atas dasar itulah, pada hari Sabtu (24/9), Direktorat Pembinaan Bakat Minat dan Kesejahteraan Mahasiswa (DPBMKM) UII menyelenggarakan “Kelas Teladan Bagi Penerima Beasiswa Internal UII Tahun Akademik 2015/2016”. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Audiovisual Lt. 2 Gedung Perpustakaan UII. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan yang wajib diikuti oleh penerima beasiswa internal di UII.

Dalam sambutannya, Hazhira Qudsyi, S.Psi., M.Psi. selaku Kepala divisi Pembinaan Kepribadiaan dan Kesejahteraan Mahasiswa DPBMKM UII menerangkan, diadakannya kegiatannya ini untuk menjadikan para peserta lebih peduli terhadap sesama dan sekitarnya. Ia juga berharap bahwa para peserta termotivasi untuk membuat sebuah program atau proyek yang hasilnya dapat bermanfaat untuk masyarakat banyak.

Pada sesi pertama, DPBMKM UII mengundang perwakilan dari Komunitas Penggiat Sosial Pendidikan (KPSP) Jogja dan Rosnalia Widyan, salah satu penerima beasiswa unggulan angkatan 2013. Pada kesempatan pertama, Rosnalia Widyan menjelaskan tentang program yang ia lakukan, yaitu pendampingan bidang pertanian menuju dusun mandiri pupuk serta meningkatkan kegiatan  keagamaan Dusun Manongsari Desa Sardonoharjo, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Sementara itu, Very dan Desinta selaku perwakilan KPSP, menerangkan bahwa berdirinya KPSP merupakan bentuk keresahan dan kepedulian beberapa mahasiswa terhadap desa-desa yang ada di Jogja dan Jawa Tengah yang selama ini kurang diperhatikan. Oleh karena itulah, mereka berinisiatif untuk membuat sebuah komunitas dan mengadakan kegiatan-kegiatan sosial pendidikan secara riil di desa-desa. Hingga saat ini, KPSP menargetkan 12 titik desa yang akan dibina.

Sesi kedua merupakan sesi yang sangat ditunggu-tunggu oleh para peserta. Tidak tanggung-tanggung, DPBMKM UII mengundang Dik Doank, seorang seniman dan artis, penggiat sosial sosial pendidikan Indonesia sekaligus pemilik Sekolah Kandank Jurang Doank. Sebelum memulai materinya, Om Dik, sapaan akrabnya, mengajak para peserta untuk terlebih dahulu banyak beristighfar, menyebut asma Allah, dan memperbanyak shalawat untuk Nabi. Hal ini ia lakukan untuk meluruskan niat para peserta mengikuti kegiatan ini. Selanjutanya ia banyak berbicara mengenai perjalanan hidupnya, dari seorang yang bukan apa-apa, hingga menjadi seorang yang dikenal oleh masyarakat Indonesia. Dari perjalanan hidup tersebut, kepeduliannya kepada sesama menjadi tumbuh dan berkembang. Ia kemudian menceritakan perjuangannya mendirikan sekolah untuk anak yang tidak mampu, yaitu sekolah alam “Kandak Jurank Doank” yang ia rintis sejak tahun 1993. “Alhamdulillah, hari ini sekolah yang awalnya hanya memiliki tempat kecil untuk belajar, kini telah memiliki lapangan bola, lapangan basket, wall climbing, panggung, studio, ruang multimedia, kolam ikan, perpustakaan, dan lain-lain sebagai penunjang kegiatan belajar,” tutur Om Dik. Pada akhir sesi, ia berharap bahwa apa yang telah disampaikannya pada hari itu dapat memotivasi para penerima beasiswa untuk lebih peduli terhadap sekitar menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map