Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
LIMA Futsal CJYC Digelar di GOR UII PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Thursday, 29 September 2016

ImageSetelah berjalan selama empat tahun, Liga Mahasiswa (LIMA) kembali memperluas wilayahnya dengan membuka konferensi baru di cabang olah raga futsal yakni LIMA Futsal Kaskus Central Java and Yogyakarta Conference (CJYC). LIMA Futsal merupakan cabang olah raga paling muda di Liga Mahasiswa yang pada mulanya hanya mencakup regional Jakarta, Jawa Barat dan Nusantara Conference yang dikhususkan untuk tim-tim di luar dua konferensi tersebut. Memasuki tahun keempat, animo peserta semakin tinggi  khususnya dari Jawa Tengah dan Yogyakarta.

GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo Universitas Islam Indonesi (UII) ditunjuk sebagai tempat perhelatan LIMA Futsal CJYC yang akan dilaksanakan pada 3-12 Oktober 2016. Penyelenggaraan perdana di GOR UII ini ditanggapi dengan antusias oleh Rida Achmad, General Manager Liga Mahasiswa. “Sudah sejak lama kami ingin melebarkan sayap di cabang olah raga ini, tapi  baru sekarang kami mendapatkan kesempatan tersebut," ujarnya saat jumpa pers pada Kamis (29/9).

Disampaikan Rida Achmad, GOR UII sendiri bukan lah venue baru bagi LIMA. Pasalnya, LIMA telah beberapa kali bekerja sama dengan UII dalam menghelat ajang cabang olahraga lainnya yaitu LIMA Basket Central Java and Yogyakarta Conference. Namun menurutnya, dalam ajang LIMA Futsal Kaskus Central Java and Yogyakarta Conference nanti, Liga Mahasiswa tidak hanya terfokus ke dalam bidang olah raga. “Latar belakang LIMA yang merupakan pembinaan bagi mahasiswa di Indonesia, turut bekerja sama dengan pihak UII untuk mengembangkan kualitas pendidikan mahasiswa dengan mengadakan pelatihan,” tuturnya.

Ditambahkan Rida Achmad, materi pelatihan yang diadakan oleh LIMA mencakup Sport Journalism, Sport Photography, Sport Marketing dan Sport Management. Nantinya, materi tersebut akan dibawakan langsung oleh para pembicara yang ahli dibidangnya. Sebagaimana disampaikan Rida Achmad, banyak orang di Indonesia menganggap bahwa industri olah raga tidak memiliki potensi yang besar, padahal di negara-negara maju industri olah raga merupakan salah satu industri unggulan. Bahkan, menjadi salah satu penyumbang pendapatan ekonomi terbesar.

“Kami mencoba menerapkan pemahaman tersebut melalui serangkaian pelatihan yang kami berikan kepada para mahasiswa. Harapan kami, mereka tidak hanya menjadi partisipan saja, tetapi ke depannya juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru," jelas Rida Achmad.

Sementara, Dr. Abdul Jamil, SH. MH. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UII menyampaikan apresiasinya kepada LIMA Indonesia yang telah memberi kepercayaan kepada UII sebagai tuan rumah penyelenggaraan LIMA Futsal CJYC. Ia secara khusus mendukung penuh program pelatihan yang diberikan oleh LIMA.

UII menurut Dr. Abdul Jamil memiliki semangat yang selaras dengan visi LIMA Indonesia yaitu tidak hanya sekadar meningkatkan semangat para mahasiswa dalam mengembangkan bakat di bidang olah raga namun juga mendukung dalam aspek pendidikan. UII melalui komitmen bersama LIMA Indonesia terus mendorong pengembangan kreativitas serta inovasi mahasiswa di bidang-bidang yang relevan dengan olah raga dan pendidikan termasuk di antaranya adalah jurnalisme olah raga dan manajemen event olah raga.

ImageTidak hanya itu, para peserta yang mengikuti pelatihan sebagaimana disampaikan Dr. Abdul Jamil juga dapat berkesempatan mengikuti kompetisi penulisan artikel terbaik dan foto terbaik yang objeknya perhelatan LIMA Futsal di GOR UII. “Kompetisi ini sengaja diadakan untuk mengembangkan teori yang mereka dapatkan di kelas pelatihan dengan  cara praktik langsung, sehingga para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah mereka peroleh sebelumnya,” tuturnya.

Pada penyelenggaraan LIMA Futsal Kaskus CJYC akan diikuti oleh tim-tim dari Nusantara Conference atau tim-tim di luar Yogyakarta dan Jawa Tengah. Tercatat 14 tim putra dan enam tim putri telah terdaftar untuk turut serta. 14 tim putra yang akan turun pada ajang ini yakni UII, Universitas Mulawarman (Unmul), Universitas Katholik Soegijapranata (Unika Soegija), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN (STIE YKPN), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Universitas Surabaya (Ubaya), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Hangtuah (UHT), Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), dan Universitas Narotama Surabaya (Narotama). Sementara itu, persaingan tim putri pada ajang ini dihuni oleh STIE YKPN, UNY, Upgris, UNS, UGM dan UII.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map