Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
University of Gloucestershire-UII Sepakat Jalin Kerjasama, Salah Satunya Terkait Cyber Securities PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Friday, 30 September 2016

ImageDeputy Vice Chancellor University of Gloucestershire Dr. Richard O’Doherty Jumat pagi (30/9) berkunjung ke Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia (UII). Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan pihak University of Gloucestershire sebelumnya yang dilakukan pada awal tahun 2015.

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Rektor UII Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc. didampingi sejumlah Ketua Program Studi di lingkungan UII. Dalam kunjungan kali ini juga dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara UII dan University of Gloucestershire sebagai langkah strategis dalam upaya mengimplementasikan program kerjasama antara kedua perguruan tinggi.  

Beberapa bentuk kerjasama yang dibahas dalam pertemuan tersebut yaitu kerjasama penelitian, pertukaran mahasiswa, joint seminar, dan program-program kerjasama lainnya. Dr. Richard menilai salah satu hal yang menarik untuk dilakukan kerjasama adalah tentang Keamanan Cyber (Cyber Securities) karena hal tersebut menjadi salah satu fokus pengembangan di institusinya.

Ia menyampaikan bahwa University of Gloucestershire tertarik mengembangkan Cyber Securities dilatarbelakangi karena fenomena kemajuan teknologi informasi yang semakin tanpa batas, sehingga banyak fasilitas atau aplikasi yang berpotensi menjadi alat yang digunakan pihak tertentu untuk memata-matai atau mencuri informasi penting milik suatu institusi.

“Kampus kami sangat concern dalam pengembangan Cyber Securities, hal ini dikarenakan saat ini semakin banyaknya fasilitas atau aplikasi yang berpotensi menjadi alat untuk memata-matai kita atau membuka informasi rahasia milik perusahan-perusahaan ke publik” Ujarnya.

Rektor UII Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc. menyambut baik dan antusias dengan rencana kerjasama tersebut, mengingat belakangan ini banyak sekali terjadi kejahatan cyber. “Saat ini sangat banyak kejahatan cyber, sehingga penting sekali untuk kerjasama mengembangkan hal tersebut”. Ujar Dr. Harsoyo.

Sebagaimana diketahui, UII merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memiliki Pusat Studi Digital Forensics, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi University of Gloucestershire untuk menjalin kerjasama sehingga ke depan baik UII maupun University of Gloucestershire dapat banyak memberikan kontribusi bagi pemerintah di negara masing-masing dalam menjaga keamanan.

 

Image



Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map