Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Tim Mahasiswa UII Raih Juara 3 Kompetisi Konstruksi Ramping Se-Indonesia PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Thursday, 06 October 2016

ImageTim “Ashabul Kahfi” Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia (FTSP UII) berhasil meraih juara 3 pada penyelenggaraan Kompetensi Konstruksi Ramping  Pertama (K2R 1.0) dengan metode Last Planning, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerjasama dengan Pascasarjana Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kompetisi yang digelar di Kampus ITB, pada 1-2 Oktober 2016, diikuti oleh tim dari berbagai Perguruan Tinggi Se-Indonesia. Juara 1 diraih tim tuan rumah ITB,  sementara Juara 2 diraih tim dari UNHAS Makasar. Atas raihan ini, Tim “Ashabul Kahfi” FTSP UII mendapatkan piagam penghargaan, tropy dan sejumlah uang pembinaan.

Tim Ashabul Kahfi FTSP UII  pada kompetisis ini beranggotakan 7 (tujuh) orang mahasiswa, kolaborasi dari mahasiswa teknik sipil pada jenjang Magister (S2) dan Sarjana (S1) dengan dosen pembimbing Rayendra, ST., MT dan Vendie Abma, ST., MT.. Ke tujuh mahasiswa tersebut yakni Anggit Mas Arifudin, ST., Deka Shara Pratiwi, ST., Barra Budi Ananta, Edwin Budi Setiawan, Rafi Fadhil Nugroho, Maya Lestari dan Fadel Wirawan G.

Disampaikan Anggit Mas Arifudin selaku ketua tim, Kamis (6/10), maksud dan tujuan penyelenggaraan kompetisi guna meningkatkan pemahaman masyarakat konstruksi di Indonesia mengenai konstruksi ramping. Salah satunya yakni dengan menyebarluaskannya di kalangan mahasiswa, baik mahasiswa pada program sarjana maupun pascasarjana di Indonesia.

“Melalui kompetisi ini, memberikan tempat bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan bekerjasama dalam sebuah tim serta menjadi wahana berkumpulnya akademisi peminat konstruksi ramping di Indonesia,” paparnya.

Konstruksi Ramping sebagaimana disampaikan Anggit Mas Arifudin merupakan sebuah pendekatan yang diperkenalkan oleh Lauri J. Koskela, dari Valtion Teknillinen Tutkimuskeskus (VTT) Building and Transport di Finlandia, pada tahun 1992. Kontruksi ini mencoba memperbaiki kinerja industri konstruksi dengan mengacu kepada kinerja yang dapat dicapai oleh industri manufaktur dengan pendekatan Lean Production-nya.

Anggit Mas Arifudin menambahkan, secara konseptual kemudian Koskela mengembangkan filosofi dari Konstruksi Ramping tersebut dan dikembangkan lebih lanjut oleh masyarakat peneliti dan praktisi konstruksi yang tergabung dalam International Group for Lean Construction (IGLC) pada tahun 2013. Pada awalnya konstruksi ini menitik beratkan pada proses produksi di lapangan antara lain dengan adanya the Last Planner System (LPS) dan sampai saat ini sudah merambah kepada penyelenggaraan konstruksi secara holistik dengan Integrated Project Delivery-nya (IPD).

“Tujuan dari pendekatan Konstruksi Ramping ini adalah memaksimalkan nilai (value) yang ingin dicapai oleh pengguna akhir, namun dengan proses yang menghasilkan pemborosan minimal,” paparnya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map