Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Warung Prancis UII Berpartisipasi dalam Lokakarya Warung Prancis se-Indonesia PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Friday, 07 October 2016

ImageSemakin tingginya perhatian Prancis dalam menjalin kerjasama pendidikan di Indonesia diikuti dengan semakin meningkatnya program inisiasi kerjasama dengan institut kebudayaan Prancis yang ada. Sebagaimana tergambar dalam kegiatan Lokakarya Warung Prancis (WP) se-Indonesia yang diadakan pada 3-5 Oktober 2016, bertempat di auditorium  Institut Français d'Indonésie (IFI) Jakarta. Kegiatan ini meliputi pelatihan koordinator Warung Prancis (WP) dari berbagai universitas yang ada di Indonesia. WP UII termasuk salah satu peserta yang terlibat dalam kegiatan ini.

Pelatihan yang dimulai pada Senin, pukul 13.30 ini dibuka secara resmi oleh Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Corinne Breuzé. Dalam sambutannya, Corinne menyampaikan bahwa WP merupakan ujung tombak dalam memperkenalkan Prancis pada publik Indonesia. Selain itu WP merupakan perwujudan dari kerjasama antar pemerintah Prancis dan institusi-institusi pendidkan di Indonesia.

Koordinator WP UII yang mengikuti pelatihan kali ini adalah Ginanjar Gailea dan Sabrina An Adzhani. Menurut Ginanjar, “Pelatihan tahunan in sangat bermanfaat dalam mengevaluasi kemajuan WP secara nasional sekaligus waktu yang tepat untuk WP UII belajar dari WP-WP lain.” Dalam kesempatan ini, para koordinator WP se-indonesia berkumpul dan bertukar pikiran mengenai pengelolaan WP di universitas masing-masing. Selain itu, mereka juga melaporkan perkembangan WP kepada IFI yang dalam hal ini membawahi seluruh WP di Indonesia

Pada pelatihan kali ini, para koordinator WP mendapat informasi mengenai penggunaan platform pembelajaran bahasa Prancis yaitu Culturetheque dan platform pemutaran film-film Prancis, IFCinema. Selain itu, ada juga sesi mengenai studi dan beasiswa Prancis dari Campus France, divisi dari IFI yang mengurusi beasiswa dan mobilitas mahasiswa untuk studi di Prancis. Kemudian, para koordinator WP juga mendapat informasi mengenai situs France Alumni, sebuah platform baru yang dibuat pemerintah Prancis untuk megumpulkan semua mahasiswa Indonesia yang pernah belajar di Prancis

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini dikahiri dengan presentasi Kit Warung Prancis, sebuah media dimana semua koordinator WP bisa mendaptkan informasi mengenai cara pengelolaan WP. Acara ini ditutup secara resmi oleh Konselor Kerja Sama dan Kebudayaan Marc Piton. Dalam pidato penutupan, Marc sekali lagi berterima kasih kepada seluruh WP di Indonesia atas kontribusinya dalam membangun kerjasama antara Prancis da Indonesia di bidang pendidikan dan kebudayaan.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map