Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
UII Career Center Kembali Gelar Career Seminar PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Wednesday, 12 October 2016

ImageUniversitas Islam Indonesia (UII) Career Center kembali menyelenggarakan kegiatan Career Seminar sebagai sarana mempersiapkan diri para lulusan perguruan tinggi dalam menghadapi dunia kerja. Isu ketenagakerjaan dewasa ini telah menjadi isu sentral di tengah perkembangan suatu bangsa. Berbagai upaya pun dilakukan guna menurunkan tingkat pengangguran, tak terkecuali pengangguran terdidik.

Kegiatan Career Seminar yang diselenggarakan di Auditorium Abdulkahar Mudzakkir UII, Rabu (12/10), merupakan bagian dari serangkaian kegiatan UII Integrated Career Days 2016. Setelah beberapa hari sebelumnya diselenggarakan Career Mentoring, kegiatan berikutnya yang juga akan digelar yakni Job Fair, Virtual Job Fair, Career Counseling dan Corporate Gathering.

Disampaikan Wakil Rektor III UII, Dr. Abdul Jamil, SH., MH., saat membuka penyelenggaraan Career Seminar,  melalui penyelenggaraan agenda tahunan ini diharapkan dapat membantu pencari kerja khususnya dari alumni UII untuk lebih mudah terserap di berbagai lapangan pekerjaan.

Dr. Abdul Jamil menggaris bawahi masih tingginya tingkat pengangguran di tanah air. Mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat pengangguran terbuka di Indonesia pada agustus 2015 mencapai 6,18 persen atau sebanyak 7,56 juta orang dan mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2014.

“Kondisi yang sama juga terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta, dimana pada Agustus 2015 dengan prosentase 4,07 persen, meningkat dibandingkan dengan kondisi pada Agustus 2015 yang sebesar 3,33 persen,” paparnya.

Sementara Manager of Human Resource Bank Negara Indonesia (BNI) Region Yogyakarta, Achmad Heru Kusumawan, selaku pembicara Career Seminar menyampaikan topik materi tentang bagaimana meng inline kan profil dan karakter sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Berbicara tentang line manager terhadap para lulusan, menurutnya hanya 1 di 6 manajer perekrutan yang berfikir siswa memiliki keterampilan dan pengetahuan yang mereka butuhkan.

Antara si pencari kerja dan perusahaan menurut Achmad Heru Kusumawan yang juga alumni Program Studi Teknik Sipil UII, seakan-akan berada pada 2 tempat yang berbeda. Menurutnya pencari kerja berusaha menemukan pekerjaan pertamanya dan para perusahaan kesulitan mendapatkan ketrampilan sesuai dengan yang diinginkan perusahaan. “Perlu mencari tahu kebutuhan perusahaan dan inline kan dengan profil diri kita,” paparnya.

Disampaikan Achmad Heru Kusumawan, beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh pencari kerja antara lain yakni leadhership, kemampuan bekerja dalam tim, kemampuan berkomunikasi, kemampuan menyelesaikan masalah, keterampilan analittical dan kemampuan beradaptasi.

Sementara pembicara lainnya, Direktur Analisa Personality Development Center, Analisa Widyaningrum menyampaikan topik Finding Passion and Building Personal Branding. Dalam kesempatannya ia bercerita beberapa hal tentang kesalahan jobseeker dalam mencari pekerjaan. Disebutkan di antaranya tidak mengetahui nilai pasar tentang dirinya. Selain itu jobseeker tidak mempersiapkan dengan cukup baik saat wawancara kerja.

Analisa Widyaningrum menekankan pentingnya kesan pertama. Menurutnya jobseeker tidak pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama ini. Dituturkan beberapa hal keuntungan dari kesan pertama yang baik antaralain yakni penampilan tampak menarik dan memikat, kepercayaan diri meningkat dan mendapat respect dan kepercayaan dari orang lain. “Dengan menjaga penampilan dengan baik menunjukkan bagaimana menghormati diri sendiri dan orang-orang yang ditemui,” paparnya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map