Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Penelitian Bidang PAI Hendaknya Tidak Sebatas di Wilayah Islam Tekstual PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Wednesday, 19 October 2016

ImagePenelitian merupakan salah satu catur dharma Universitas Islam Indonesia (UII). Oleh karenanya penelitian hukumnya wajib dilakukan oleh lembaga-lembaga dan Program Studi di bawah naungan UII, terlebih bagi seorang dosen. Berdasarkan evaluasi diri, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam (PAI FIAI) UII teridentifikasi secara kuantitas hasil penelitian dosennya sudah terbilang cukup banyak. Hal ini mengindikasikan bahwa atmosfir penelitian di lingkungan Program Studi PAI sudah terbangun dengan baik.

Disampaikan Supriyanto Abdi mewakili Program Studi PAI UII, pada penyelenggaraan workshop pemetaan cluster unggulan penelitian Program Studi PAI di ruang microteaching Lt. 2 Gedung Wahid Hasyim UII, pada Selasa (18/10), perlu rumusan roadmap dan rencana strategis penelitian yang relevan dengan pengembangan Pendidikan Agama Islam untuk dijadikan acuan bagi setiap pelaksanaan penelitian  di Program Studi PAI.

Disampaikan Supriyanto Abdi, workshop yang diselenggarakan oleh Program Studi PAI FIAI UII ini bertujuan untuk menyusun dokumen yang memuat roadmap dan rencana strategis mengenai arah, cluster, dan tema-tema unggulan penelitian dalam bidang PAI. “Terlebih, karena Program Studi PAI FIAI UII mempunyai visi menjadi salah satu rujukan dan pusat pengembangan pendidikan Islam, penelitian, dan pengabdian di Asia Tenggara,” ujarnya.

Sementara disampaikan Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag, Guru Besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta selaku narasumber, tema penelitian dalam bidang Pendidikan Agama Islam harus merambah ke ranah kehidupan umat Islam secara historis, empiris, dan kontesktual. Tidak hanya berhenti pada wilayah Islam normatif-tekstual. Menurutnya tema-tema penelitian program studi PAI harus menjangkau realitas kehidupan yang sesungguhnya. Oleh karenanya, pemetaan cluster penelitian dalam bidang PAI harus berdasarkan analisa secara induktif.

Sementara itu, narasumber lainnya, Prof.  Ahmad Fauzy, S.Si., M.Si., Ph.D., yang juga menjabat sebagai Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UII memaparkan bahwa penyusunan rencana strategis atau roadmap penelitian Program Studi PAI berdasarkan pemetaan disiplin keilmuan masing-masing sumber daya manusia yang ada dan berbasis pada pendekatan kolaboratif antar dosen.

Harapan dari terselenggaranya workshop ini adalah Program Studi PAI mempunyai dokumen yang memuat roadmap dan rencana strategis mengenai arah, cluster, dan tema-tema unggulan penelitian di bidang Pendidikan Islam yang dijadikan rujukan proses penelitian. (Mzn/PAI)





Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map