Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Siswa SMK Se-DI.Yogyakarta Ikuti Lomba Kimia dan Farmasi di UII PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Wednesday, 02 November 2016

ImageSebanyak 29 siswa dari berbagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) turut serta dalam ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Provinsi DI.Yogyakarta Ke-25, di Kampus UII, Jl. Kaliurang Km. 14,5, Selasa (1/11). Pada periode lomba kali ini, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UII ditunjuk sebagai pelaksana lomba oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan DI. Yogyakarta selaku penyelenggara.

Disampaikan Dekan FMIPA UII, Drs. Allwar, M.Sc., Ph.D. penyelenggaraan lomba yang terdiri dari dua bidang yakni Kimia dan Farmasi ini melibatkan Program Studi D3 Kimia Analis dan Program Studi Farmasi UII. Ia menuturkan, untuk Bidang Kimia, project yang akan dikerjakan oleh para peserta lomba adalah pembuatan VCO, pembuatan sabun padat transparan dan sabun kesehatan/kecantikan dari ekstrak bahan alam dengan uji mutunya.

Alwar Ph.D. menyinggung pentingnya penyelenggaraan lomba seperti LKS. Generasi-generasi mendatang menurutnya akan dihadapkan pada tantangan kemajuan teknologi dan inovasi. Melalui lomba ini diharapkan dapat menumbuhkan budaya sains dan teknologi di kalangan generasi muda. “Oleh karenanya hal Ini menjadi tantangan FMIPA UII untuk terus memupuk budaya sains sebagai bekal generasi emas masa depan,” kata Allwar.

Sementara disampaikan Koordinator LKS Farmasi, S. Ch Ariwidiastuti S.Si. Apt., lomba Bidang Kimia tingkat SMK ini sudah mengarah ke level perguruan tinggi. Sehingga tempat penyelenggaraan lomba dilaksanakan di perguruan tinggi. “Orientasi dari penyelenggaraan lomba salah satunya adalah agar para lulusan siswa SMK nantinya dapat mandiri, seperti misalnya dapat berwirausaha,” imbuhnya.

Dijelaskan Ariwidiastuti, materi lomba Bidang Farmasi yang diujikan meliputputi teori dan praktik. Materi pada ujian praktik meliputi farmakologi, farmakopnosi, dan ilmu resep. Sedangkan pada  ujian praktik terdiri dari emulsi, resep, hitungan doses, pembuatan obat dan penyampaian ke pasien.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map