Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Pentingnya Aspek Preventif Dalam Kesehatan PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Wednesday, 02 November 2016

ImageSebanyak 89 dokter baru alumni Fakultas Kedokteran UII mengikuti Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dokter untuk Periode XXXV, di Auditorium Kahar Mudzakkir, Selasa (1/11). Para dokter baru ini sebelumnya telah dinyatakan lulus Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Dengan kelulusan ini, jumlah dokter yang berhasil menyelesaikan program pendidikannya di Fakultas Kedokteran UII berjumlah1.234 orang.

Disampaikan dr. Erlina Marfianti, M.Sc., Sp.PD. dalam laporannya, daerah asal dokter yang mengikuti pengambilan sumpah dan pelantikan dengan jumlah tertinggi dari Jawa Tengah sebanyak 26 orang. Selanjutnya berturut-turut diikuti dari DI.Yogyakarta sebanyak 21 orang, Riau 11 orang, Kalimantan Timur 7 orang dan Jawa Barat sebanyak 6 orang. Sementara Indek Prestasi Komulatif (IPK) terbaik berhasil diraih oleh Annisa Prima Monika. Sedangkankan lulusan terbaik UKMPPD diraih oleh Novian Fajri.

Ucapan selamat disampaikan Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc. kepada para dokter baru yang telah menyelesaikan pendidikannya di Fakultas Kedokteran UII. Dihadapan para dokter baru Dr. Harsoyo berpesan agar para dokter baru selalu mengingat bahwa eksistensi para dokter sejatinya tidak sekedar memberikan pelayanan kesehatan saja. Namun juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang gaya hidup sehat sehingga aspek preventif dalam kesehatan juga terpenuhi.

Lebih lanjut disampaikan Dr. Harsoyo, sebagai alumni UII hendaknya para dokter baru tetap berusaha menjadi teladan dan berakhlaqul karimah dalam segala hal serta ikut menda’wahkan Islam di lingkungannya. ”Kami menitipkan nama baik almamater di pundak para dokter sekalian. Amalkan ilmu yang diperoleh di Fakultas Kedokteran UII untuk kemashlahatan umat,” paparnya.

Sementara Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan DI.Yogyakarta, Drg. Muhammad Taufiq, M.Kes. menyinggung pentingnya SDM dalam pembangunan di bidang kesehatan. Menurutnya apapun sistem yang dibuat dalam bidang pembangunan kesehatan tanpa dibarengi dengan penyediaan SDM yang berkualitas, maka sistem dipastikan tidak akan berjalan dengan optimal. Dalam unsur manajemen peran SDM adalah peran yang sangat menentukan.

Sebagai tenaga kesehatan para dokter baru UII juga dituntut untuk lebih memahami kebijakan dan program pemerintah dalam pembangunan kesehatan. Dokter merupakan tulang punggung dalam pembangunan kesahatan.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map