Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Suara Aktivisme Mahasiswa Perlu Kembali Dibangun PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Tuesday, 08 November 2016

ImageSemakin tingginya tuntutan perkuliahan seringkali membuat mahasiswa lebih memilih fokus untuk menyelesaikan kewajiban akademiknya. Padahal di sisi lain mahasiswa juga memiliki peran sosial di masyarakat dan kampus. Untuk menjalankan kedua peran itu secara bersamaan, kini menjadi tantangan tersendiri bagi kebanyakan mahasiswa. Sikap kritis dan kepedulian mahasiswa dalam merespon permasalahan yang terjadi di sekitarnya pun semakin berkurang. Oleh karena itu, suara kritis mahasiswa itu perlu kembali dibangun dengan menggalakkan diskusi dan kegiatan positif lainnya.

Sebagaimana disampaikan oleh Erwin Suryoprayogo selaku Ketua Klinik Advokasi dan HAM, Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) UII terkait dengan penyelenggaraan diskusi yang digelar di pelataran Auditorium Kahar Muzakkir pada Sabtu (5/11). Diskusi yang mengangkat tema tentang perjuangan aktivis mahasiswa UII “Slamet Saroyo” itu dihadiri oleh kalangan penggerak kegiatan mahasiswa UII dari berbagai unsur dan lembaga.

Ditambahkan Erwin Suryoprayogo, penyelenggaraan diskusi juga bertujuan agar para peserta dapat meneladani semangat aktivisme mahasiswa yang dulu juga pernah disuarakan oleh Slamet Saroyo. “Mahasiswa saat ini juga diharapkan memiliki semangat kritis sekaligus semangat kemanusiaan sehingga dapat memberi manfaat bagi lingkungan di sekitarnya”, ujarnya.

Diskusi yang berlangsung dari sore hingga petang itu juga dihadiri oleh para alumni UII yang ketika berkuliah pernah aktif dalam lembaga kemahasiswaan kampus. Para pembicara yang menjadi narasumber diskusi ini, antara lain Bambang Irawan (Ketua Badan Permusyawaratan Mahasiswa FTI UII periode 90-an), Erwin Muslimin (Ketua DPM UII periode 1987-1988), dan Hasan Joeffris (Ketua Senat FH UII periode 1985-1987).




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map