Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Kearsipan Bagian Penting Tata Kelola Organisasi Perguruan Tinggi PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Monday, 21 November 2016

ImagePerkembangan teknologi yang semakin canggih tidak dapat dipungkiri telah membawa pengaruh terhadap berbagai aktivitas organisasi. Salah satunya adalah dalam hal pengelolaan kearsipan, yang mempunyai peran penting dalam kelancaran jalannya setiap organisasi. Bidang kearsipan sangat menunjang kemudahan tugas dan peran dari para pimpinan organisasi ketika membutuhkan dokumen yang diperlukan.

Dalam perkembangan dan kemajuan manajemen administrasi kantor saat ini, hampir dapat dipastikan bahwa segala sesuatu dalam organisasi sesuai dan tergantung dengan keberadaan dokumen. Sayangnya tidak sedikit organisasi dalam menangani arsip-arsipnya belum sesuai dengan seharusnya, sehingga ketika dibutuhkan arsip tersebut susah dicari atau ditemukan.

Demikian seperti disampaikan oleh Wakil Rektor UII, Dr. Nur Feriyanto, M.Si ketika membuka Pelatihan Pengelolaan Kearsipan yang digagas oleh Direktorat Organisasi dan SDM UII di Hotel Santika Premiere Jogja, pada Sabtu (19/11). Pelatihan diikuti oleh tenaga kependidikan yang bertanggungjawab mengelola arsip di lingkup Kantor Rektorat UII.

“Salah satu peran utama kearsipan adalah sebagai alat ingat atau memori organisasi. Selain itu arsip juga mempunyai peran sebagai informasi dalam pengambilan keputusan, sebagai bahan bukti, dan sebagai akuntabilitas”, kata Wakil Rektor II. Wakil Rektor II menyadari pentingnya kearsiapan bagi organisasi sehingga ia mendorong agar ada perhatian kepada unit-unit di lingkungan UII dalam hal pengelolaan kearsipan tersebut.

Selain itu, arsip juga menjadi bahan bukti otentik yang mencatat perjalanan sebuah organisasi. Peran lain dari  arsip adalah sebagai akuntabilitas yakni alat bukti dalam laporan pertanggungjawaban yang kuat dan benar.

Pemateri yang hadir dalam pelatihan ini adalah Dr. Wiedy Murtini, M.Pd. dari Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI). Dalam pemaparannya, ia banyak menyinggung perkembangan terkini dunia kearsipan yang kini banyak diadopsi baik oleh perusahaan maupun organisasi.

Orang yang menangani secara khusus bidang kearsipan disebut dengan arsiparis. Arsiparis adalah salah satu bentuk profesi yang memiliki pengetahuan, keahlian, dan kompetensi di bidang kearsipan sehingga terdapat tunjangan tersendiri bagi profesi tersebut.

Ia menyebut empat syarat mutlak yang harus dimiliki seorang arsiparis, di antaranya yaitu memiliki ketelitian, kecerdasan dan pengetahuan, serta keterampilan dan kerapihan. Arsiparis juga dituntut selalu mengikuti perkembangan terbaru di bidang ilmunya dan mengenal seluk beluk organisasi tempatnya bekerja dengan baik.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map