Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
KAAB Paparkan Pentingnya Akreditasi Internasional Bagi Prodi Arsitektur PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Friday, 25 November 2016

ImageTuntutan untuk memberikan pelayanan pendidikan Arsitektur yang setaraf dengan standar global terus menjadi perhatian penyelenggara Program Studi Arsitektur di berbagai universitas tanah air. Terlebih dengan bergabungnya Indonesia dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan menyajikan peta persaingan yang lebih ketat bagi lulusan arsitek dalam negeri. Lulusan arsitek dituntut memiliki standar kompetensi dan sertifikasi yang diakui oleh lembaga regional. Diraihnya akreditasi internasional dari lembaga kredibel menjadi salah satu pilihan utama agar lulusan arsitek dapat bersaing di dunia kerja regional tersebut. Di samping itu, langkah ini dinilai akan mendorong peningkatan kualitas dan daya saing pendidikan arsitektur di Indonesia.

Sebagaimana tergambar dalam acara Post Visit Seminar Korea Architecture Accrediting Board (KAAB) dan Akreditasi Arsitektur di Indonesia. Acara yang berlangsung di Auditorium FTSP UII, Kamis (24/11) diikuti oleh perwakilan Program Studi Arsitektur dari berbagai universitas Indonesia. Seminar ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara Site Visit KAAB atas permintaan akreditasi internasional yang diajukan oleh Program Studi Arsitektur UII. Dekan FTSP UII, Dr.-Ing. Ir. Widodo, M.Sc menyambut baik berkumpulnya para pengelola pendidikan arsitektur sebagai kesadaran untuk membangun kualitas lulusan yang lebih baik.

Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI), Dr. Adib Abadi mengatakan inisiasi UII untuk menggelar seminar akreditasi internasional arsitek merupakan langkah positif untuk bersama-sama memajukan pendidikan arsitektur di Indonesia. Hingga saat ini, ia mencatat baru ada dua program studi Arsitektur yang berani melangkah ke tahap itu, yakni UII dan ITB Bandung. Ia berharap prodi arsitek di universitas lain dapat mengikuti langkah serupa di tahun-tahun berikutnya.

Sedangkan Presiden KAAB, Bumshik Shin mengatakan ia melihat adanya semangat tinggi dari para sivitas akademika UII ketika menerima visitasi dari KAAB. “Inilah semangat yang juga kami rasakan ketika mengimplementasikan standar akreditasi internasional untuk pertama kalinya. Meski di Indonesia ini belum diwajibkan, tapi Arsitektur UII sudah mendahuluinya”, katanya. Selanjutnya, acara diisi dengan pemaparan pentingnya akreditasi internasional oleh pembicara KAAB, Korea Selatan yang dipandu oleh Prof. Jaepil Choi dan Prof. Junyuk Lee.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map