Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Pentingnya Peran Teknologi dalam Pengembangan Perpustakaan Masa Depan PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Friday, 25 November 2016

ImagePendidikan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Untuk itu perlu didukung dengan sarana yang memadai, baik sarana fisik maupun tenaga pengajar. Salah satu sarana fisik yang penting dalam bidang pendidikan adalah bahan ajar buku dan perpustakaan. Dalam aktivitas pendidikan, buku merupakan jendela pengetahuan di mana setiap hal baru dapat ditemukan. Sementara perpustakaan merupakan salah satu tempat penyedia bahan pustaka yang paling lengkap.

Saat ini perpustakaan memegang peran penting dalam proses pendidikan di perguruan tinggi. Untuk itu perlu juga didukung dengan pengembangan teknologi yang maksimal agar pemanfaatan perpustakaan dapat dirasakan oleh lebih banyak orang. Tema berikut yang diangkat dalam Seminar Nasional “Perpustakaan dalam Genggaman Jari Anda: Teknologi Pengelolaan Pengetahuan untuk Perpustakaan Masa Depan”, Kamis-Jumat, (24-25/11).

Seminar yang diadakan di Ruang Audiovisual Lantai 2 Perpustakaan Pusat UII Gedung Moh Hatta tersebut mengundang pembicara diantaranya Drs. Ida Fajar Priyanto, MA., Ph.D., (Dosen terbang internasional), Prof. Akhmad Fauzy, S.Si., M.Si., Ph.D., (Direktur Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), dan KRMT. Roy Suryo (Pakar Telematika).

Acara yang berlangsung selama dua hari itu dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor I UII Dr.-Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, MA., IAI., dengan menyampaikan sambutan bahwa mengikuti perkembangan teknologi saat ini adalah sebuah keniscayaan. Peran teknologi bagi pengembangan perpustakaan sudah harus mendapatkan prioritas, apalagi perpustakaan merupakan center of knowledge.

Sementara itu Direktur Direktorat Perpustakaan UII, Joko Sugeng Prianto, SIP., M.Hum., menambahkan bahwa peserta seminar nasional ini terdiri dari pustakawan dari berbagai instansi di Indonesia. Dalam rangkaian acaranya juga dilaksanakan penyerahan hadiah dan penghargaan bagi pemenang lomba karya tulis ilmiah kepustakaan yang sudah diadakan beberapa waktu lalu.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map