Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Ilmu Ergonomi Tingkatkan Produktivitas Tenaga Kerja Konstruksi PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Thursday, 01 December 2016

ImageProduktivitas menjadi isu penting dalam bidang industri jasa konstruksi. Produktivitas yang tinggi akan mampu menekan biaya dan waktu pelaksanaan proyek konstruksi. Hal ini menjadi semakin krusial dengan berlakunya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Dengan berlakunya MEA, persaingan bisnis jasa konstruksi dengan negara-negara ASEAN menjadi  tantangan utama yang harus dihadapi. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk mendorong produktivitas tenaga kerja di bidang konstruksi. Untuk meningkatkan produktivitas sumber daya manusia di bidang konstruksi, diperlukan sistem kerja yang memperhatikan ilmu ergonomi.

Seperti disampaikan oleh Dr. Ir. Tuti Sumarningsih, ST, MT di depan dewan penguji dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor di Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang pada Selasa, (29/11). Tuti Sumarningsih mengangkat disertasi berjudul “Ergonomi Pada Metoda Kerja Untuk Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja di Bidang Konstruksi”.

Dalam paparannya, ia menyampaikan bahwa dari berbagai faktor yang mempengaruhi produktivitas pekerjaan konstruksi, tenaga kerja merupakan faktor yang paling sulit diprediksi. “Standar produktivitas dan tingkat efisiensi pekerja di Indonesia telah ditentukan dalam Standar Nasional Indonesia (SNI), namun belum ditetapkan metoda kerja yang baku dan efisien, sehingga produktivitas yang dihasilkan berbeda-beda”, ungkapnya.

Ia juga menilai bahwa belum maksimalnya produktivitas pekerja, salah satunya dipengaruhi oleh minimnya pengetahuan tentang aspek ergonomi. “Cara kerja yang dipakai pekerja masih mengabaikan aspek ergonomi yang mengakibatkan pekerja mudah mengalami keluhan pada otot-otot rangka (musculoskeletal)”, kata wanita yang juga menjadi dosen tetap di Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) UII itu.

Oleh karena itu, ia menyarankan ergonomi hendaknya menjadi kompetensi yang harus dimiliki para pekerja jika mengacu pada SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia). Penerapan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) dikategorikan sebagai kompetensi Umum, yang artinya harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin memperoleh sertifikat SKKNI.

Dalam ujian terbuka dipimpin oleh Dekan Fakultas Teknik UNDIP, Ir. Mochammad Agung Wibowo, MM., M.Sc., Ph.D, Tuti Sumarningsih dinyatakan berhasil mempertahankan disertasinya dengan predikat “Sangat Memuaskan”. Untuk itu, ia berhak menyandang gelar Doktor di bidang Manajemen Kontruksi.

Atas raihan tersebut, Program Studi Teknik Sipil FTSP UII kembali berhasil menambah dosen bergelar Doktor. Setelah ujian terbuka selesai, acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dengan berjabat tangan dan foto bersama. [N. Bashori]

Image 

 




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map