Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Budaya Melek Data Perlu Digalakkan di Lingkungan Pemerintahan dan Industri PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Monday, 05 December 2016

ImageSemakin berkembangnya ilmu data telah mendorong munculnya big data. Istilah itu mengacu pada semakin besar dan kompleksnya data yang ada sehingga tidak mungkin lagi diolah dengan metode konvensional. Saat ini hampir semua kalangan khususnya pemerintah, birokrat, dan industri sangat membutuhkan peran big data. Big data dapat diperoleh dari berbagai sumber termasuk di antaranya traffic media sosial dari pengguna internet.

Seperti disampaikan Tuti Purwaningsih, M.Si terkait penyelenggaraan Data Science Weekend yang diadakan oleh Prodi Statistika UII bekerjasama dengan Data Science Indonesia (DSI). Even ini menghadirkan lebih dari 30 data & tech leaders dalam rangkaian conference, training, international paper presentation, exhibition dan showcase selama tiga hari di UII. Pembukaan acara berlangsung di Auditorium Kahar Muzakkir UII, Sabtu (3/12).

Tuti Purwaningsih yang juga menjadi ketua panitia acara ini mengatakan bahwa big data dapat menjadi sumber informasi dan referensi penting dalam setiap pengambilan kebijakan sosial, ekonomi, politik maupun bisnis. Namun untuk mengambil manfaat besar big data tersebut diperlukan teknologi, sistem informasi, dan sumber daya manusia yang mumpuni. “Sayangnya belum semua kalangan menyadari pentingnya hal itu sehingga data yang ada cenderung dibiarkan apa adanya. Budaya melek data belum berkembang dengan baik”, ungkapnya.

Mengusung tema “The Art of Growing”, Data Science Weekend hadir untuk menanamkan urgensi ilmu data serta menumbuhkan pemahaman akan pentingnya proses kreatif dalam menerapkan ilmu data kepada para peserta yang hadir, yakni para profesional di industri dan bisnis dari berbagai sektor baik sektor publik maupun swasta, serta para akademisi. Diharapkan, peserta yang hadir mampu menjawab tantangan dan masalah yang dihadapi di lingkungan pekerjaan yang beragam, menggunakan pengetahuan data science yang akan dipaparkan dalam berbagai konsep acara.

Acara juga menghadirkan narasumber internasional seperti CTO sekaligus Co-Founder Perusahaan Cloudera, Amr Awadallah; Head of Analytics Google SEA, Leroy Pinto; Google Software Engineer, Tyler Akidau, Director of UTM Big Data Center, Prof. Dr. Siti Mariyam Shamsuddin dan masih banyak lainnya.

Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc menilai hadirnya era big data saat ini, menyajikan tantangan yang menarik pada praktek manajemen modern dan analisis data. Metode konvensional untuk mengelola dan mengolah data yang tidak lagi memadai untuk menjawab perubahan yang cepat dari gerakan data. Perusahaan multinasional, seperti Facebook, telah lama memanfaatkan big data untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan pengambilan keputusan kunci.

Selama tiga hari acara berlangsung, panitia juga menyelengggarakan Exhibition yang merupakan pameran berbagai perusahaan Big Data, Ministage Showcase tentang Analisis Data Science, serta poster-poster terbaik hasil seleksi Showcase.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map