Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Program Studi Teknik Lingkungan Divisitasi oleh ABET PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Tuesday, 06 December 2016

Prodi Teknik Lingkungan FTSP UII menerima kunjungan Tim ABET dalam rangka site visit untuk akreditasi internasional, Senin-Selasa (4-6). Tim ABET  diketuai oleh Profesor Mohammad Hosni dari Kansas State University didampingi oleh dua PEV (Program Evaluator) yaitu Dr. Mark J. Vanarelli  dari COVAN ENGINEERING LLC dan Profesor F. Michael Saunders dari Georgia Institute of Technology, USA.

ABET atau Accreditation Board for Engineering and Technology adalah lembaga akreditasi internasional untuk bidang engineering dan teknologi yang berkedudukan di Baltimore USA dan merupakan pendiri Washington Accord. Pada saat ini, ABET telah mengakreditasi 3.709 program studi di 752 universitas dan colleges di 30 negara.

Baru terdapat empat perguruan tinggi di indonesia yang telah mendapatkan akreditasi ABET yaitu ITB, IPB, ITS dan BINUS. Sedangkan untuk program studi Teknik Lingkungan yang sudah mendapatkan akreditasi ABET baru Teknik Lingkungan ITB. Sebagai program studi teknik lingkungan yang unggul, Prodi Teknik Lingkungan FTSP UII memiliki komitmen yang tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikannya, salah satunya melalui akreditasi internasional.  Proses untuk mendapatkan akreditasi internasional dimulai sejak tahun 2013 melalui perubahan kurikulum yang mengacu kepada standar ABET. Sejak tahun 2014, Prodi Teknik Lingkungan FTSP UII menerapkan sistem pendidikan berbasis student outcomes. Terdapat 13 student outcomes yang harus dicapai oleh lulusan dari Prodi Teknik Lingkungan FTSP UII dimana 11 student outcomes merupakan syarat minimal dari ABET dan dua sisanya merupakan kompetensi yang harus dicapai sebagai lulusan dari Universitas Islam Indonesia.

Pada kegiatan site visit ini, asesor dibagi menjadi dua grup yaitu Team Chair melakukan penilaian di level fakultas dan universitas sedangkan dua PEV melakukan penilaian di level program studi. Selain melakukan kunjungan terkait fasilitas seperti laboratorium, PEV juga melakukan intervew kepada setiap dosen, kelompok mahasiswa, alumni dan advisory board. Hasil temuan pada kegiatan visitasi ini telah disampaikan pada saat exit meeting dan pengumuman resmi terkait perolehan akreditasi ABET akan disampaikan pada bulan Agustus 2017. Perolehan akreditasi internasional akan menunjukkan bahwa sistem pendidikan di Prodi Teknik Lingkungan FTSP UII tidak kalah dengan prodi sejenis di negara-negara maju dan lulusannya juga sudah siap untuk bersaing di level internasional.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map