Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Prodi Teknik Lingkungan Kembali Mendapatkan Akreditasi A PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Tuesday, 13 December 2016

ImageBerita gembira menghampiri Prodi Teknik Lingkungan FTSP UII atas diperolehnya kembali akreditasi A dari BAN-PT sesuai Surat Keputusan No 2861/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016. Perolehan kembali akreditasi A ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di Prodi Teknik Lingkungan FTSP UII sudah sangat baik. Hal ini didukung dengan penerapan kurikulum dan sistem pendidikan yang mengacu kepada standar akreditasi internasional yaitu ABET.  Sejak berdiri pada tanggal 22 September 1999, Prodi TL telah berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikannya melalui berbagai cara. Beberapa hibah kompetisi dari DIKTI telah diperoleh seperti Hibah Semi-Que V dan Hibah Program A2, selain itu dari internal juga mendapatkan Program Hibah Kompetisi untuk Internationalisasi Program Studi selama 3 tahun.

Pada awalnya prodi ini hanya memiliki enam dosen dan sekarang telah bertambah menjadi 26 dosen dengan berbagai background keilmuan yang merupakan lulusan dari berbagai perguruan tinggi ternama baik dalam dan luar negeri. Dengan jumlah student body yang mencapai 749 mahasiswa, rasio dosen dan mahasiswa sudah sangat ideal yaitu dibawah 1 : 30. Prodi Teknik Lingkungan FTSP UII telah menghasilkan lulusan sebanyak 710 orang dengan waktu tunggu mendapatkan pekerjaan rata-rata 3.8 bulan. Persentase lulusan yang bekerja sesuai bidang keahliannya adalah sekitar 86,14%. Persentase ini sudah sangat baik mengingat lahan kerja Teknik Lingkungan yang luas dengan banyaknya bidang keahlian di Teknik Lingkungan.

Sistem pendidikan yang mengacu kepada standar internasional yaitu berbasis Student Outcomes serta didukung sistem pembelajaran dengan model Project Based Learning dan Problem Based Learning membuat sistem pembelajaran di Prodi Teknik Lingkungan FTSP UII berjalan lebih efektif.  Kegiatan mahasiswa baik intrakurikuler dan ekstrakurikuler didukung penuh oleh prodi. Bahkan beberapa mahasiswa mengikuti program di luar negeri seperti short stay program di Hokkaido University, YOUTEX (Youth Excursion) di Singapura dan Malaysia, Winter Students Exchange (AIESEC) di Kutaisi, Georgia. Selain itu berbagai kerjasama telah terjalin baik di dalam dan luar negeri seperti dengan Hokkaido University, University of Rhode Island, Saxion University of Applied Science, Karlsruhe Institute of Technology,  Technologiezentrum Wasser, International Association of Plumbing and Mechanical Officials, Water and Sanitaion Program dari World Bank dan lain-lain.

 




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map