Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Guru Besar UII Launching Gagasan ‘Taman Kepemimpinan’ PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Tuesday, 13 December 2016

ImageMenginjak usianya yang ke 60 tahun, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII), Prof. Jawahir Thontowi, SH., Ph.D. menggelar acara peluncuran pendirian ‘taman kepemimpian’, di Auditorium Prof. Kahar Mudzakkir UII, Selasa (13/12). Dalam acara yang sama juga digelar bedah buku biografi Mazhab Tamsis dan Perjalan Seorang Hamba yang keduanya merupakan jejak akademik dari sosok Prof. Jawahir Thontowi. Kedua buku biografi masing-masing ditulis dan disusun dengan baik oleh penulis Ben Senang Galus dan Eko Prasetyo.

Buku biografi berjudul Mazhab Tamsis berisi tentang pemikiran Prof. Jawahir Thontowi tentang Hukum Inklusif Berkeadilan. Ciri berfikir hukum inklusif, yaitu non-linier, kebebasan mimbar, with long tradition of freedom, religious values dan ideologi hukum yang berpihak pada masyarakat marjinal. Sementara buku biografi berjudul Perjalanan Menjadi Seorang Hamba, menggambarkan ilmu amaliah,  amal ilmu utamanya dalam keumatan dan keislaman.

Disampaiakan Prof. Jawahir Thontowi, gagasan akan taman kepemimpinan merupakan buah dari kristalisasi berfikir dan pengalamannya selama aktif di Center for Local Law Development Studies (CLDS) UII. Gagasan ini menurutnya untuk memberikan jawaban atas krisis lokal, nasional dan global, yakni tentang kaderisasi kepemimpinan yang semakin hari tidak menjanjikan perubahan kepada masyarakat yang berkeadaban.

Prof. Jawahir Thontowi menjelaskan, taman kepemimpinan disusun secara sengaja disediakan sebagai program berkelanjutan, baik diwujudkan dalam bentuk museum tokoh-tokoh kepemimpinan, sebagai mutiara dunia untuk ummat Islam dan bangsa Indonesia. Sebagai pusat informasi tentang macam ragam kepemimpinan sekaligus sebagai suatu dialog beradaban. “Dialaog peradaban sebagaimana tradisi Mesir kuno, Yunani, Romawi dan Islam, juga peradaban Eropa dan Barat,” paparnya.

Prof. Jawahir Thontowi menambahkan, taman kepemimpinan sebagai tempat pendidikan kepemimpinan, baik di dalam dan luar kampus sebagai role model bagi berbagai kampus PTN dan PTS. Selain itu dengan adanya taman kepemimpinan ini juga diharapkan dapat menjadi pusat kajian dan publikasi umum dan ilmiah, baik melalui jurnal dan publikasi digital lainnya.

Rektor UII, Dr. Ir. Harsoyo, MSc. dalam sambutannya menyampaikan, sosok Prof. Jawahir Thontowi merupakan pribadi yang memiliki kompetensi keilmuan. Oleh karenanya tidak mengherankan bila tulisannyasering tampak di halaman media massa, begitu juga dalam berbagai buku dan jurnal. Dr. Harsoyo menambahkan, Prof. Jawahir Thontowi adalah salah satu akademisi terbaik yang lahir dari kampus UII.  Beliau dikenal sebagai salah satu pakar di bidang ilmu hukum, khususnya dalam bidang Ilmu Hukum Internasional.

Sementara disampaikan Ketua Ikatan Keluarga Alumni UII, Prof. Dr. Moh Mahfud MD., SH., SU., melalui pendidikan telah terjadi konvergensi di antara organisasi kemasyarakatan. Menurutnya yang juga merupakan Guru Besar Hukum Tata Negara UII, konvergensi tersebut guna membangun inklusivisme sebagai bangsa, bukan hanya untuk umat Islam saja.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map