Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Peluang dan Tantangan Penerapan Konsep Full Day School PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Monday, 12 December 2016

ImageBeberapa sekolah yang telah menerapkan Konsep Full Day School menunjukan performa positif terhadap konsep penguatan pendidikan karakter, salah satunya di Kabupaten Siak, Riau. Sebagaimana pantauan Kemendikbud setiap siswa sekolah dasar hingga menengah di Kabupaten tersebut bersekolah hingga pukul setengah empat sore. Implementasinya, setelah jam 13.00, diambil alih oleh ustaz dan pengajar agama sampai pukul 16.00.

Terlepas dari respon positif tentang wacana penerapan full day school untuk penguatan pendidikan karakter, masih ada beberapa hal yang dinilai perlu diperhatikan. Misalnya ketika ada evaluasi dari lembaga pendidikan yang sudah berkembang terkait keberadan madrasah dinniyah, Taman Pendidikan Al-Qur’an, atau kegiatan kemasyarakatan yang biasanya dilakukan di sore hari.

Hal-hal semacam itu perlu menjadi bagian dari situasi yang harus didialogkan. Semuanya pasti mempunyai niat yang baik, namun jika salah satu pihak merasa dinafikan, maka hasilnya akan kontra produktif. Demikian dituturkan Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Agama Islam, Universitas Islam Indonesia (PAI FIAI UII), Dr. Junanah, MIS, pada peyelenggaraan Seminar Nasional bertema “Penerapan Konsep Full Day School dalam Pendidikan Karakter Di Indonesia: Peluang dan Tantangan” pada Sabtu (10/12), di Gedung Prof. Dr. Sardjito UII.

Disampaikan Dr. Junanah, Program Studi PAI UII secara tidak langsung memiliki tanggung jawab moral akademik untuk memberikan kontribusi pada upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, salah satunya melalui penyelenggaraan seminar tersebut. Penyelenggaraan seminar menghadirkan pembicara yang expert di bidangnya yakni Staf khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Monitoring Implementasi Kebijakan, R. Alpha Amirrachman, Ph.D., Pakar Psikologi Universitas Ahmad Dahlan Dr. Khoiruddin Bashori, M.Si., dan Dosen FIAI UII, Drs. H. Muzhoffar Ahwan, MA.

“Sementara para peserta seminar yang hadir dari kalangan akademisi dan praktisi pendidikan, di antaranya dosen, guru di lingkungan DI Yogyakarta,  dan mahasiwa,” paparnya.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map