Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Mahasiswa UII Kembali Raih Prestasi Internasional PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Thursday, 15 December 2016

ImagePrestasi di kancah internasional kembali ditorehkan oleh sivitas akademika Universitas Islam Indonesia (UII). Kali ini, mahasiswa UII yang terlibat dalam ajang Hamburg National Model United Nations 2016 (HamMUN) berhasil memboyong tiga penghargaan bergengsi. Ajang HamMun sendiri merupakan event tahunan yang mempertemukan mahasiswa lintas negara peminat isu-isu diplomasi internasional. Mereka memeragakan peran layaknya seorang diplomat PBB yang mewakili negara tertentu. Event yang diadakan di University of Hamburg, Jerman pada 1-4 Desember 2016 tersebut diikuti setidaknya 600 mahasiswa dari berbagai negara. Pada event itu, UII mengirimkan 6 delegasi terbaiknya.

Delegasi UII yang berhasil memboyong penghargaan di antaranya, Arum Kamala, mahasiswi International Program Fakultas Ekonomi angkatan 2014, dengan mendapatkan penghargaan sebagai The Honorable Mention dalam United Nations Environment Programme (UNEP) Council. Menurut Arum Kumala, penghargaan tersebut biasanya diberikan kepada delegasi yang memiliki penampilan menonjol dalam masa sidang. Penampilan tidak hanya dinilai dari busana namun yang lebih penting adalah kepiawaian delegasi dalam menyampaikan pendapat dan mempertahankan argumennya dengan dukungan data maupun fakta yang valid.

Sementara itu, delegasi UII lainnya Amanda Prima Analia, mahasiswi Fakultas Ekonomi angkatan 2013 berhasil menyabet penghargaan The Best Position Paper dalam Social, Humanitarian and Cultural Committee (SOCHUM) Council. Dikatakan Amanda Prima, position paper merupakan sikap resmi suatu negara terhadap isu/permasalahan yang tengah dibahas dalam sidang antarnegara. Sikap resmi itu dituangkan dalam dokumen yang nantinya dapat dibaca oleh delegasi negara lainnya. Penghargaan tersebut diberikan kepada delegasi yang piawai dalam membaca kepentingan nasional negaranya terhadap suatu isu. Selanjutnya sikap resmi itu dapat ia tuangkan dalam tulisan yang mudah dipahami dan ditangkap esensinya oleh delegasi lain.

Sedangkan Rizky Andhika Putera Pratama, mahasiswa IP FE 2014 mendapatkan penghargaan sebagai Verbal Commendation dalam (The Asian Infrastructure Investment Bank) AIIB council. Penghargaan ini diberikan kepada delegasi yang mampu menyampaikan pendapat dan argumennya dengan kuat selama sidang. Sikap kritis dan vokal dari delegasi dalam memandang isu juga menjadi pertimbangan. Raihan penghargaan itu membuktikan bahwa mahasiswa UII mampu bersaing dengan mahasiswa asing di tingkat internasional.

UII Model United Nations Association berperan sebagai support system delegasi resmi UII selama pra, proses, dan pasca kompetisi. Febri Tri Intan Azhana selaku Secretary General UII MUN Association 2015/2016 turut mendampingi delegasi selama empat hari kompetisi berlangsung di Hamburg Universitat.

Model United Nations adalah ajang akademik yang sangat positif untuk membentuk kemampuan berpikir kritis, tanggap, diplomasi, negosiasi, solutif, legal drafting dan pemahaman isu internasional.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map