Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Mahasiswa UII Raih Best Presentation Award di Jepang PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Thursday, 19 January 2017

ImageKeaktifan mahasiswa UII dalam forum ilmiah internasional akhir-akhir ini semakin menonjol. Mahasiswa UII tidak hanya mengikuti konferensi namun mampu menunjukkan kecakapan yang berbuah prestasi. Sebagaimana ditunjukkan lewat prestasi membanggakan yang diraih oleh mahasiswa UII, Muhammad Athoillah dan Arief Fatkhurrohman. Kedua orang mahasiswa program studi Hubungan Internasional tersebut berhasil meraih penghargaan Best Presentation Award dalam kegiatan International Society For Engineering Research and Development (ISERD) Conference yang diadakan di Kyoto, Jepang pada Minggu (08/01).

Pada kegiatan yang diselenggarakan oleh International Institute of Engineering and Research (IIER) ini, kedua mahasiswa angkatan 2014 tersebut mempresentasikan hasil penelitian yang berjudul Rural Community Development in Java, Indonesia. Penelitian mereka memfokuskan pada pengembangan masyarakat dan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat pedesaan atau di daerah rural, di Provinsi Jawa Tengah. Masyarakat desa dihadapkan pada cepatnya perubahan dunia yang semakin modern.

“Hal ini sangat penting, terutama di era globalisasi seperti sekarang ini, di mana peran pemerintah serta organisasi-organisasi non-pemerintah (Non-Governmental Government) juga cukup besar,” jelas Athoillah, yang juga merupakan mahasiswa penerima beasiswa Pondok Pesantren UII. Hal yang unik yang juga ditemukan dalam penelitian mereka, meski terus diterjang derasnya arus globalisasi, masyarakat rural di Jawa Tengah tetap memegang erat budaya Jawa yang menjadi nilai hidupnya.

“Budaya yang telah menjadi warisan turun-temurun serta nilai-nilai filosofi Jawa tetap dipegang erat,walaupun terjadi globalisasi yang modern,” tutur Arief. Fokus penelitian yang unik ini pun berhasil mengantarkan mereka meraih penghargaan Best Presentation Award pada ajang konferensi yang diikuti oleh peneliti dari berbagai negara seperti Korsel, Taiwan, Jepang, Amerika, Malaysia, Thailand, sertaTurki ini.

Pada penelitian ini pula, kelompok mereka merupakan satu-satunya dari mahasiswa jenjang S1. Sementara sebagian besar peserta adalah peneliti bergelar master, doktor, hingga profesor. ISERD sendiri merupakan sebuah institusi yang melakukan penelitian terkait pengembangan manusia. Lembaga itu telah banyak melakukan banyak kegiatan konferensi di level internasional. “Kami berharap prestasi ini dapat membawa manfaat bagi agama dan bangsa,” pungkas Arief bangga.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map