Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Universiti Teknologi Mara Tertarik Pengelolaan Pesantrenisasi UII PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Tuesday, 24 January 2017

ImageKedatangan delegasi Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia menjadi kesempatan bagus bagi Universitas Islam Indonesia (UII) untuk meningkatkan kerjasama bidang pendidikan luar negeri. Melalui kunjungan ini, kedua pihak saling bertukar informasi tentang program unggulan di kampus masing-masing. Rombongan UiTM sendiri terdiri dari Dr. Ismadi bin MD Badarudin selaku ketua delegasi (Penolong Rektor UiTM Cawangan Melaka),sejumlah mahasiswa, dan dosen pendamping. Acara berlangsung di Gedung Kuliah Umum (GKU) Prof. Sardjito Lantai 2 Kampus Terpadu UII pada selasa (24/1).

Rombongan tersebut diterima langsung oleh Wakil Rektor I UII Dr. Ing. Ilya Fadjar Maharika, M.A.,IAI dan didampingi Direktur Direktorat Pemasaran, Kerjasama dan Alumni Hangga Fathana, S.IP., B.Int.St., M.A. Dalam sambutannya, Wakil Rektor I menyampaikan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan UiTM dan berharap untuk terus meningkatkan kerjasama ke depannya.

Sebelumnya, UII dan UiTM pernah menandatangani kesepakatan kerjasama pada tahun 2011. Salah satu bentuk implementasi kerjasama berupa penyelenggaraan kuliah umum akuntansi forensik di UII pada 2012. UII juga pernah mengirim delegasi menjadi pembicara acara International Conference on Isalmic Finance, Muamalat, and Financial Criminology (IFMFC). Acara itu merupakan hasil kerjasama UiTM di Filipina pada 2013. Terakhir UiTM juga berkunjung ke UII pada September 2016 yang salah satunya diwakili oleh Prof. Hassan Said.

“Kami berharap dengan adanya kunjungan seperti ini semakin merealisasikan kerjasama yang banyak ke depan, misalnya dalam bidang kolaborasi mahasiswa, staf, dan dosen pada program-program penelitian dan pengembangan universitas”, ujar Dr. Ilya Maharika.

Sementara itu, Dr. Ismadi Ismadi bin MD Badarudin menyampaikan bahwa UiTM sebagai universitas tertua di Malaysia yang berdiri pada 1956. Dalam kunjungan kali ini, mereka sedang menjalankan program eksplorasi sejarah nusantara serta menjalin Memorandum of Understanding (MoU) dengan 10 universitas yang ada di Indonesia, salah satunya dengan UII.

Ia juga mempromosikan produk unggulan UiTM di bidang riset dan teknologi, seperti di antaranya perangkat lunak e-voting. Ditambahkan olehnya, saat ini UiTM memiliki 168.000 mahasiswa aktif yang tersebar di 13 cabang negara bagian Malaysia. Pemerintah Malaysia tidak segan-segan menggelontorkan banyak beasiswa untuk mendorong kemandirian pribumi Melayu.

Tertarik Belajar Pengeloaan Pesantrenisasi

Menurut Nadia, salah satu delegasi mahasiswa UiTM bahwa motivasinya ikut dalam kegiatan tersebut karena tertarik dengan sistem pengelolaan pesantrenisasi di UII. “Saya ikut kegiatan ini karena senang dengan kesantunan orang Indonesia serta ingin belajar cara mengelola asrama universitas di sini, kebetulan saya juga sebagai pengurus asrama di UiTM”. Tutur Nadia. Setelah serangkaian acara presentasi selesai, para delegasi UiTM diajak keliling museum UII serta melihat secara langsung penemuan Candi Kimpulan di kompleks UII.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map