Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Mahasiswa UII Sampaikan Aksi Solidaritas Anti Kekerasan PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Wednesday, 25 January 2017

ImageGuyuran hujan tidak menghalangi puluhan mahasiswa UII untuk melakukan aksi solidaritas yang dinamakan Aliansi Solidaritas Mahasiswa UII (ASMUII). Di depan pelataran Auditorium Kahar Muzakkir UII, mahasiswa UII dari berbagai elemen saling menyampaikan orasi keprihatinan. Aksi ini merupakan respon simpati, kepedulian, dan dorongan kemanusiaan UII terhadap insiden yang terjadi pada kegiatan The  Great Camping (TGC) Mapala UII 13-20 Januari 2017 lalu.

Aksi ini juga dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dari masing-masing fakultas dan unit kegiatan mahasiswa UII di pelataran Auditorium Kahar Muzakkir, Yogyakarta pada Rabu sore (25/1). Salah satu peserta aksi, Ilham Prakas Kalerta sebagai perwakilan HMI dari Fakultas Hukum (FH) UII turut menyampaikan ungkapan belasungkawa dan ikut mengecam segala bentuk tindakan kekerasan maupun senioritas diseluruh kegiatan mahasiswa UII.

Menurutnya, bentuk kekerasan dan senioritas bukanlah bentuk pendidikan yang mencerminkan demokrasi dan nilai-nilai islam yang ditanamkan di dalam kampus UII. Untuk itu mahasiswa UII yang hadir dalam aksi ini merasa berkepentingan untuk mengawal dan peduli atas insiden ini.

Hal senada juga disampaikan peserta aksi lainnya, M. Agus Maulidi sebagai koordinator aksi Aliansi Solidaritas Mahasiswa UII (ASMUII).

“Kami sampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya tiga mahasiswa UII peserta The  Great Camping Mapala UII. Kami berdoa semoga amalan almarhum diterima oleh Allah SWT, dilapangkan kuburnya dan diringankan hisabnya”, ungkapnya.

Selain itu, ada poin lain yang juga disampaikan Agus dalam orasinya, yaitu mendorong dan mengawal Dewan Permusyawaratan Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (DPM UII) untuk sesegera mungkin membentuk tim investigasi. Ia juga berharap dilakukannya evaluasi terhadap seluruh kegiatan mahasiswa di lingkungan UII.

Di sisi lain pihak internal UII juga telah membentuk tim investigasi yang terdiri dari unsur pimpinan UII, bidang kemahasiswaan, bidang medis forensik, dan  bidang hokum. Tim investigasi internal UII terus menelusuri serta mencari fakta maupun informasi yang lengkap  terkait jatuhnya korban mahasiswa pada kegiatan TGC beberapa waktu lalu. Insiden ini diharapkan menumbuhkan komitmen untuk memperbaiki mekanisme pelaksanaan kegiatan mahasiswa yang sesuai tujuan awal dan nilai-nilai keislaman UII.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map