Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Mahasiswa UII Borong Penghargaan di Ajang Innovation Expo Hongkong PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Thursday, 26 January 2017

ImageMemasuki awal tahun 2017 nampaknya menjadi motivasi tersendiri bagi mahasiswa UII untuk segera tancap gas mendulang prestasi bergengsi dari berbagai ajang kompetisi. Seperti ditunjukkan sekelompok mahasiswa UII yang berhasil memborong penghargaan dalam ajang inovasi antar mahasiswa lintas negara yang diadakan di Hong Kong, Tiongkok. Tidak tanggung-tanggung, dua medali dan dua penghargaan khusus, yakni masing-masing 1 medali emas dan 1 medali perak berhasil diboyong oleh tim UII.

Sebagaimana disampaikan Rima Nur Rahmawati, mahasiswi Fakultas Kedokteran (FK) UII yang mewakili kampusnya di ajang tersebut. Disampaikan Rima Nur, ia dan beberapa orang rekannya sesama mahasiswa UII tertantang mengikuti even bernama Hong Kong International Invention Innovation and Entrepreneurship Exhibition (HKIE) 2017. Keinginannya itu dilandasi oleh motivasinya untuk mengharumkan nama kampus dan bangsa.

Even yang diadakan oleh Creative Arts & Culture Institute (CACI) dan World Invention Intellectual Property Associations (WIIPA) pada tanggal 19 hingga 21 Januari 2017 itu dipusatkan di The City University of Hong Kong, Tiongkok. Mahasiswa dari berbagai negara saling berkompetisi menunjukkan karya inovasi terbaiknya di bidang teknologi dan pengembangan aplikasi digital dalam ajang itu.

Ditambahkan Rima Nur, Indonesia diwakili oleh tiga tim kandidat di mana dua di antaranya berasal dari tim UII. “Saya pribadi merupakan ketua tim dari kedua tim UII tersebut”, katanya. Tim UII I mempresentasikan karya inovasi berupa aplikasi android bernama ONE; Natural Disaster Response in A Whole Application. Inovasi ini merupakan terobosan untuk dapat memecahkan masalah penanganan bencana di Indonesia.

Ke depannya diharapkan aplikasi ini dapat memberikan sumbangsih kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana secara luas. Tim UII I terdiri dari tiga orang mahasiswa FK UII dan dua orang mahasiswa Teknik Informatika, yakni Galuh Nafisa (FK), Amnaz Rezquila (FK), Ulung Fikri (FTI), dan Giri Nugraha (FTI). Dalam perlombaan ini tim pertama membawa pulang dua penghargaan, yakni satu medali perak dalam kategori teknologi dan satu special award.

Sedangkan Tim UII II yang turun di cabang perlombaan lain juga berhasil merebut dua penghargaan, yakni satu medali emas dalam bidang agrotechnology dan special award dari penyelenggara. Tim UII II beranggotakan tiga orang mahasiswa FK lintas angkatan, yakni Rima Nur Rahmawati, Zara Desriana, dan M. Alvin. Inovasi yang dibawa oleh tim ini berjudul PAKEM; a Blend of Papaya Seeds and Ocimum sanctum L. as an Aromatherapy and Repellent Candles. Inovasi ini berbentuk lilin aromaterapi yang digunakan sebagai penolak nyamuk secara alami. Seperti diketahui, nyamuk juga merupakan pembawa beberapa wabah penyakit, seperti malaria dan demam berdarah. Harapan dibuatnya lilin ini adalah sebagai langkah preventif untuk mengusir nyamuk karena wanginya yang tidak disukai oleh serangga penghisap darah itu.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map