Universitas Islam Indonesia

Selamat datang di website Universitas Islam Indonesia
  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Suci dan Faisal, Mahasiswa UII yang mendapatkan Beasiswa Pertukaran Pelajar ke Jepang PDF Bookmark and Share Print E-mail
User Rating: / 0
PoorBest 
Wednesday, 01 February 2017

ImageDua Mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII), Suci Varista Sari (2013) dan Faisal Arsyad (2013), mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Short Stay Program di Hokaido University. Jepang. Program tersebut merupakan program beasiswa pertukaran pelajar hasil kerjasama antara FTSP UII dan Hokaido University sejak tahun 2009, dan untuk tahun ini akan dilaksanakan selama kurang lebih 2 bulan dari 1 Februari sampai 28 Maret 2017 mendatang. Beasiswa yang diterima mencakup biaya perjalanan dan akomodasi selama kegiatan berlangsung.

Selama di Jepang, Suci dan Faisal akan melakukan penelitian di Laboratrium Prof. Shunitz Tanaka mengenai teknologi pengembangan absorpsi untuk pengolahan air dan limbah. Seperti diketahui bahwa fasilitas laboratorium disana tergolong lebih maju dan lebih lengkap daripada di Indonesia, untuk itu rencananya hasil penelitian nanti akan difinalisasi dalam bentuk tugas akhir skripsi.

Disampaikan oleh Rektor UII Dr. Ir. Harsoyo, M.Sc., dalam acara pelepasan mahasiswa Senin lalu di Ruang Sidang Rektor Lantai 3 Gedung GBPH Prabuningrat, bahwa saat ini di Jepang sedang musim dingin untuk itu perlu dipersiapkan perlengkapan untuk mengantisipasi hal itu.

“Yang tidak kalah penting adalah untuk selalu menjaga nama baik UII dan nama baik Indonesia secara umum dimanapun kalian berada, pimpinan akan selalu mendukung kegiatan yang bagus seperti ini, terutama dalam rangka meningkatkan mobilitas internasional baik dari dosen maupun mahsiswa,” ungkapnya.

Sementara itu, Eko Siswoyo, Ph.D., sebagai kordinator program di UII sekaligus dosen pembimbing Suci dan Faisal menambahkan bahwa program ini mendapatkan apresiasi yang cukup positif dari Hokaido University. “Sudah sejak 2009 lalu program ini masih terus berlangsung, dari yang hanya mendapatkan jatah satu orang bertambah saat ini menjadi dua orang, maka kedepan kami merencanakan agar bisa memberangkatkan mahasiswa antara 5-10 orang”, paparnya.

Selama ini hasilnya juga positif, banyak alumni dari program ini yang kemudian setelah lulus dari UII berkarir di perusahaan internasional, dan ada juga beberapa melanjutkan studi melalui beasiswa ke luar negeri, termasuk di Hokaido University.




Share this Article ...
Live!Facebook!twitter!MySpace!Furl!Yahoo!
 
< Prev   Next >
About University
Campus Facilities
Centers and Departments
Directorate
Faculty and Programmes
Laboratory
Prospective Students
Student Affairs
Scholarship
Media Relations
Pemilu UII 2017
Contact
Web Directory
Blog
Email
Map of Campus
Site Map
Disable Campus Map